Kompas TV entertainment lifestyle

Seratus Tahun "si Binatang Jalang " Chairil Anwar, Gramedia Matraman Riuh Puisi Konser

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 08:26 WIB
seratus-tahun-si-binatang-jalang-chairil-anwar-gramedia-matraman-riuh-puisi-konser
Chairil Anwar, pelopor Angkatan 45 yang terkenal dengan puisi Aku dan tanggal wafatnya diperingati sebagai Hari Puisi Nasional di Indonesia. (Sumber: Kemdikbud)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memperingati hari ulang tahun ke-100 penyair Chairil Anwar, Gramedia Pustaka Utama (GPU) menggelar acara "Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar", Selasa (26/7/2022).

Acara yang digelar di Gramedia Matraman, Jakarta tersebut merupakan puncak perhelatan untuk "Si Binatang Jalang" yang diinisiasi Gramedia.

Sebelumnya konsep serupa juga digelar di Yogyakarta pada 14 Juli 2022 dan Bali pada 16 Juli 2022.

General Manager Penerbit Gramedia Pustaka Utama Andi Tarigan mengatakan acara ini mencoba menafsirkan kembali sajak-sajak Charil Anwar dalam konteks kekinian.

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 26 Juli: Lahirnya Penyair Chairil Anwar

"Saya ingin mengatakan bahwa mungkin Chairil ingin dikenang dengan kita membaca kembali sajak-sajaknya dan menafsirkannya kembali dalam konteks zaman kita," tutur Andi ketika membuka acara.

Sementara Editor Sastra GPU Mirna Yulistianti menjelaskan maksud dari acara "Puisi Konser" bertujuan untuk mengenal kembali puisi-puisi Chairil.

Termasuk modernisasi bahasa Indonesia yang dibuat Chairil dalam sajak-sajaknya hingga pengaruh Chairil terhadap dunia puisi di masa sekarang.

Ia yakin penampil acara "Puisi Konser" di Jakarta, termasuk dua kota sebelumnya, memiliki kesamaan api dan semangat dengan Chairil untuk terus menyuarakan kegelisahan yang terjadi di masyarakat.

Baca Juga: Seabad Chairil Anwar Dalam Bahasa Bali

"Karena itulah kami mengonsep acara puisi konser, menggabungkan para penulis sastra dengan musisi yang kami yakin semangatnya juga sama," terangnya.

Acara puncak itu turut dimeriahkan oleh para pengarang seperti Djenar Maesa Ayu, Ratih Kumala, Cyntha Hariadi, Gratiagusti Chananya Rompas, Yoshi Fe, Patricia Wulandari, serta musisi Efek Rumah Kaca, serta putri sang penyair Evawani Chairil Anwar.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x