Kompas TV regional berita daerah

Seabad Chairil Anwar Dalam Bahasa Bali

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 14:45 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BULELENG, KOMPAS TV - 26 Juli 2022 tepat seabad Chairil Anwar, sastrawan Indonesia yang sangat terkenal. Puisi yang berjudul "Aku" merupakan salah satu karyanya yang paling populer. Di Buleleng, Bali,  belasan penulis dan penggemar karya sastra, berkumpul untuk merayakan seabad Chairil Anwar. Acara perayaan seabad Chairil Anwar ini bertajuk Chairil Anwar Dalam Bahasa Bali. Kegiatan dikemas dalam bentuk diskusi buku terjemahan puisi Chairil Anwar dalam bahasa Bali, dan pembacaan puisi Chairil Anwar dalam bahasa Indonesia dan terjemahan bahasa Bali. 

Buku yang dibahas kali ini adalah buku puisi terjemahan karya Komang Berata. Komang Berata menerjemahkan seluruh karya puisi Chairil Anwar dalam buku kumpulan puisi Aku Ini Binatang Jalang, terbitan Gramedia tahun 1986. Butuh waktu dua puluh tahun, untuk dapat menerjemahkan puisi Chairil Anwar ke bahasa Bali. Mencari pandanan kata bahasa Indonesia ke bahasa Bali menjadi hal yang paling menyulitkan bagi Komang Berata, agar tidak menghilangkan rasa puisi-puisi Chairil Anwar. 

Di kalangan sastrawan muda, karya puisi Chairil Anwar, sudah menjadi bahan bacaan wajib. Secara tidak langsung, puisi-puisi Chairil Anwar mempengaruhi berbagai karya sastra yang dilahirkan oleh para penulis muda. Membaca puisi dalam terjemahan bahasa Bali, memberikan ruang tafsir yang lebih luar terhadap karya puisi Chairil Anwar.

Saat ini, di Bali terdapat 4 orang sastrawan yang telah menerjemahkan puisi-puisi Chairil Anwar. Mereka adalah Komang Berata, Nyoman Manda, Made Sanggra, dan Dewa Raka Kusuma.

 

 

 

 

#100tahun  #chairilanwar  #buleleng




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x