Kompas TV entertainment selebriti

Nirvana vs Guns N Roses, di Balik Perseteruan Dua Rockstar yang Seret Istri Masing-Masing

Kompas.tv - 19 Juni 2022, 13:17 WIB
nirvana-vs-guns-n-roses-di-balik-perseteruan-dua-rockstar-yang-seret-istri-masing-masing
Vokalis Guns N' Roses, Axl Rose (kiri), dan vokalis Nirvana, mendiang Kurt Cobain (kanan). (Sumber: Hai Online)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

LOS ANGELES, KOMPAS.TV – Meskipun menjadi dua band rock terkemuka di era 1990-an, Nirvana dan Guns N’ Roses (GNR) ternyata saling berseteru. 

Vokalis Nirvana, Kurt Cobain, dan vokalis GNR, Axl Rose, rupanya saling membenci satu sama lain. Perseteruan keduanya bahkan sempat pecah jadi bentrok di belakang panggung MTV Video Music Awards di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) tahun 1992 silam.

Perseteruan Rose dan Cobain yang menyebar di kalangan musisi rock itu pun dengan cepat berkembang jadi persaingan sengit.

Axl Rose awalnya menggemari grup musik saingannya itu, tetapi rupanya cintanya sebagai fans bertepuk sebelah tangan.

Pasalnya, Cobain ternyata tak suka sosok Rose dan terus-menerus menyindir band rock itu dalam beberapa kesempatan wawancara.

Ini memicu amarah Rose yang dalam sebuah konser kemudian mengumpatnya sebagai ‘junkie sialan’, merujuk pada sebutan pengguna narkoba.

Baca Juga: Terungkap, Nirvana Ternyata Pernah Tolak Jadi Band Pembuka Konser Metallica dan Guns N’ Roses

Pertikaian keduanya pecah pada 1992, saat Rose dan Cobain yang saat itu disertai istri masing-masing, bertemu di belakang panggung. 

Cobain Kritisi Lirik Lagu GNR

Nirvana sudah bermusik selama beberapa tahun saat popularitas band asal Aberdeen, Washington itu melejit usai meluncurkan album Nevermind di tahun 1991.

Ketenaran band yang digawangi drummer, Dave Grohl, dan bassis, Krist Novoselic, -- selain Cobain, tentunya – itu tentu menarik perhatian dunia musik rock, termasuk Rose. 

Ia penggemar berat Nirvana, dan ingin kedua band berkolaborasi. Tetapi ternyata Cobain tak mau berurusan sama sekali dengan GNR.

Upaya Rose berulang kali memintanya berkolaborasi bahkan makin membuatnya kesal. Pada saat itu, ia menerima banyak wawancara, dan di banyak kesempatan mengungkapkan opininya tentang kelompok Rose.

Dalam sebuah pernyataannya yang kemudian jadi terkenal, seperti dilansir Express, Cobain menukas, “Kami bukan tipe band Guns N’ Roses khas Anda yang sama sekali tak menyuarakan apa-apa.”

Cobain kritis pada lirik-lirik lagu GNR, lantaran mereka tak selaras dengan pandangan progresif dan feminisnya. 

Pada akhirnya, Rose pun membalas sengit.

Di atas panggung, ia mengumpat ikon grunge itu, terutama Cobain dan istrinya, Courtney Love. Dengan brutal ia menjuluki keduanya dengan sebutan ‘junkies sialan’. 

Baca Juga: Hari Ini 30 Tahun Lalu, Nirvana Rilis Album "Nevermind" yang Jungkir Balikkan Genre Musik Rock

Pelantun Paradise City itu bahkan berkata, “Jika bayi (mereka) lahir tak sempurna, menurut saya mereka berdua harus diseret ke penjara.”  

Konfrontasi di Belakang Panggung



Sumber : Express/Blabbermouth


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x