Kompas TV entertainment selebriti

Profil Richard Oh, Sutradara 'Melancholy is a Movement' yang Wafat Kamis, 7 April 2022

Kompas.tv - 8 April 2022, 13:06 WIB
profil-richard-oh-sutradara-melancholy-is-a-movement-yang-wafat-kamis-7-april-2022
Sutradara dan aktor senior Richard Oh meninggal dunia pada Kamis (7/4/2022). (Sumber: Instagram/@richard0h._)
Penulis : Dian Septina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sutradara, aktor senior sekaligus sastrawan Richard Oh meninggal dunia pada Kamis (7/4/2022) malam dalam usia 62 tahun.

Rekan Richard Oh, sutradara Joko Anwar, membagikan kabar duka tersebut.

"Telah berpulang, sahabat baik, kokoh kita Richard Oh, Kamis 7 April, pukul 19.30. Kokoh, you are greatly missed," tulis Joko Anwar di akun Twitter pribadinya, Kamis.

Richard Oh lahir di Tebingtinggi, Sumatera Utara, pada 30 Oktober 1959. Richard merupakan salah satu sineas yang dikenal luas di dunia perfilman Indonesia.

Ia pertama kali memulai kariernya di bidang penulisan setelah lulus dari Universitas Wisconsin, Madison, dan UC Berkeley, Amerika Serikat.

Baca Juga: Sutradara dan Aktor Senior Richard Oh Meninggal Dunia, Sederet Artis Turut Berduka

Richard mulai menulis novel usai momen Mei 1998. Setelah itu, ia mulai merambah ke dunia penerbitan dan tercatat sebagai perintis Khatulistiwa Literary Award.

Ajang itu ia rintis bersama Takeshi Ichiki sejak 2000. Banyak penulis ternama yang tercatat pernah meraih penghargaan ini, mulai dari Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, hingga Ayu Utami.

Pada 2014, ajang ini berganti nama menjadi Kusala Sastra Khatulistiwa. Meski namanya berganti, fungsi dari penganugerahan ini masih sama.

Di sisi lain, Richard Oh mulai berkecimpung di dunia film dengan menjadi penulis skenario dan sutradara film Koper pada 2006.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x