Kompas TV entertainment selebriti

Muncul ke Publik, Anak Nia Daniaty Balik Tuding Agustin yang Bujuk Korban Penipuan CPNS

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 11:23 WIB
muncul-ke-publik-anak-nia-daniaty-balik-tuding-agustin-yang-bujuk-korban-penipuan-cpns
Olivia Nathania bersama sang ibu, Nia Daniaty. (Sumber: Instagram/@liviadaniaty)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anak Nia Daniaty, Olivia Nathania akhirnya muncul ke publik setelah beberapa waktu lalu bungkam. Ia membantah telah melalukan penipuan CPNS. 

Olivia Nathania mengatakan, justru mantan gurunya, Agustin lah yang selama ini mengiming-imingi diduga korban untuk mengikuti program CPNS.

Ia mengaku tidak mengenal, tidak merekrut secara langsung, dan tidak pernah bertemu dengan 225 korban yang disebutkan Agustin.

"Dia (Agustin) yang mempresentasikan kepada keluarganya, kepada 225 orang itu, sehingga terbujuk rayulah mereka itu untuk masuk CPNS. Jadi, dengan iming-iming akan lulus," ujar Susanti Agustina dikutip dari Tribunnews, Jumat (1/10/2021).

Dalam klarifikasi itu, Olivia meluruskan bahwa selama ini, ia hanya membuka tempat pelatihan CPNS dengan biaya Rp25 juta.

Baca Juga: Bantah Lakukan Penipuan, Anak Nia Daniaty Akui Uang Rp25 Juta Hanya Untuk Les CPNS

"Ini tempat les ya, bisa dicek ada tempatnya, pengajarnya ada, saya menerima uang dari les itu sebesar Rp 25 juta perorang," ucap Oi sapaan akrab Olivia.

Dari Rp25 juta itu, terang Olivia, digunakan untuk menyewa tempat, pengajar, dan fasilitas lainnya.

Kendati membuka les CPNS, namun Olivia akui tak pernah memberikan iming-iming atau janji untuk meloloskan semua peserta ke jabatan CPNS.

"Semua (iming-iming) dilakukan oleh pak Karnu sebagai pelapor dan ibu Agustin yang mengaku korban. Saya kenal dengan Ibu Agustin, dia yang mengajak semuanya," kata Olivia.

Kepada wartawan, kuasa hukum Olivia Susanti Agustina bercerita bahwa Agustin membuka harga kepada orang yang mau ikut lesnya sebesar Rp 40 juta sampai Rp 50 juta. 

"Yang disetorkan ke kantor itu Rp25 juta. Sisanya buat dia. Pelapor Pak Karnu juga sama, pernah mengajak orang masuk ke tempat les," kata Susanti.

Untuk mendukung pernyataannya itu, pihak Olivia Nathania membawa sejumlah barang bukti salah satunya berupa bukti transfer yang masuk ke rekeningnya dan atas nama Karnu.

Baca Juga: Ungkapan Kecewa Mantan Guru Sekolah Olivia Nathania yang Diduga Ditipu untuk Jadi CPNS

Sebagai informasi, Olivia Nathania dan suaminya, Refly N Tilaar telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas kasus penipuan, penggelapan dan pemalsuan surat pada 23 September 2021 oleh salah satu diduga korban bernama Karnu.

Hingga kini, kasus dugaan penipuan CPNS yang melibatkan anak Nia Daniaty, Olivia Nathania memakan korban 225 orang dengan kerugian Rp9,7 miliar.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x