Kompas TV entertainment selebriti

Penampilan Saipul Jamil di TV Tuai Protes, Kominfo Beri Pesan Ini ke KPI

Kompas.tv - 6 September 2021, 12:49 WIB
penampilan-saipul-jamil-di-tv-tuai-protes-kominfo-beri-pesan-ini-ke-kpi
Penyanyi dangdut Saipul Jamil bebas dari Lapas Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur (Sumber: KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Buntut banyaknya protes masyarakat kepada stasiun televisi yang mengundang pedangdut Saipul Jamil, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ikut berkomentar.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Komisi Penyiaran Indonesia untuk dapat menanggapi secara serius masukan dari masyarakat.

“Kementerian Kominfo telah berkoordinasi dengan KPI agar KPI memperhatikan masukan masyarakat terkait tayangan tersebut,” ujar Usman, dikutip dari Kompas.com, Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Petisi Boikot dari TV Tembus 384 Ribu Tanda Tangan, Saipul Jamil Yakin Kariernya Tak Terhambat

Usman menjelaskan bahwa pengawasan terkait siaran di televisi merupakan kewenangan dari KPI sehingga pihaknya hanya bisa memberikan masukan kepada KPI.

Agar KPI bisa mengawasi siaran televisi dengan baik, Usman memastikan pihaknya akan terus melakukan koordinasi.

“Kementerian Kominfo tentu saja senantiasa berkoordinasi dengan KPI supaya KPI terus meningkatkan kinerjanya,” tuturnya.

Dia juga mengatakan bahwa Kominfo telah menyampaikan masukan-masukannya secara umum, seperti memperhatikan respons masyarakat hingga meningkatkan kinerja KPI.

“Kami pikir KPI memahaminya,” katanya.

Baca Juga: Sempat Bela Saipul Jamil, Inul Daratista Akhirnya Minta Maaf

Seperti diberitakan sebelumnya, Saipul Jamil dinyatakan bebas murni setelah mendekam di penjara selama lima tahun akibat kasus pencabulan dan suap, Kamis (2/9/2021).

Di hari kebebasannya, Saipul Jamil disambut bak pahlawan hingga dijemput menggunakan mobil mewah Porsche. Ia bahkan mendapat undangan ke berbagai acara televisi.

Atas hal tersebut, masyarakat pun melayangkan protes karena munculnya Saipul Jamil di televisi dinilai tidak memiliki empati kepada korban yang masih mengalami trauma.

Sejumlah tokoh publik, termasuk Ernest Prakasa juga mempertanyakan peran KPI dalam menanggapi stasiun televisi yang menampilkan mantan narapidana pelecehan seksual bak seorang pahlawan.

Baca Juga: Saipul Jamil Acuhkan Hujatan dan Kritik yang Membanjir Usai Bebas dari Penjara dan Tampil di TV

Selain itu, Najwa Shihab dan Kemal Palevi juga menuliskan komentarnya di akun media sosial masing-masing.




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x