Kompas TV entertainment selebriti

Cerita Pengalaman di Palestina, Via Vallen: Hampir Tiap Hari Suasana Mencekam

Kompas.tv - 13 Mei 2021, 17:17 WIB
cerita-pengalaman-di-palestina-via-vallen-hampir-tiap-hari-suasana-mencekam
Via Vallen Bagi Sembako untuk Warga di Tengah Wabah Corona (Sumber: Instagram/@viavallen)
Penulis : Dian Septina | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kondisi Palestina yang tengah memanas belakangan ini, membuat Via Vallen teringat dengan kunjungannya ke tempat tersebut.

Sang pedangdut membagikan memorinya itu dalam sebuah unggahan di Instagram pada Rabu (12/5/2021). Ia menyertakan sebuah video singkat mengenai kondisi di Palestina. Menurut Via Vallen, suasana mencekam terasa hampir setiap hari selama ia berada di Palestina.

"Aku pernah beberapa hari berada di Palestina. Hampir tiap hari suasana terasa mencekam. Dari yang baru mau masuk Palestina nggak boleh bilang kalau ke Palestina, kita harus bilang ke Jerusalem (karena berisiko dipulangkan ke Jordania),“ tulis Via Vallen pada caption.

Baca Juga: Balas Serangan Roket Palestina, Israel Gempur Gaza

Saat itu, Via Vallen hendak membagikan Al-Qur'an untuk anak-anak yang berada di Palestina. Namun, karena situasi tidak kondusif, ia merasa kesulitan untuk melakukan kegiatan sosial tersebut.

"Kebetulan aku bawa Al-Qur’an dari Madinah yang mau dibagi-bagikan ke adek-adek di sana, tapi rasanya udah kek nyelundupin barang haram," imbuhnya.

Via Vallen pun menceritakan suasana malam hari di Palestina. Menurut ingatannya, suara tembakan terdengar di setiap malam karena suasana yang terlampau sepi.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Kecam Keras Sikap Israel Terhadap Warga Palestina

"Sesampainya di Palestina, setiap malam suasananya sunyi bangeet. Sampe terdengar suara tembakan di sekitar hotel. Bahkan mau ibadah ke Al-Aqsa harus ngeri karena ngelewatin tentara Israel di sekitar masjid," ungkap Via Vallen.

Ia juga tak bisa membayangkan seperti apa kehidupan warga di wilayah konflik, dan menyerukan kebebasan Palestina.

"Ini aku yg cuma beberapa hari ngerasain suasana mencekam itu, apa lagii mereka yang puluhan tahun. Yaa Allah , segera akhiri penderitaan mereka. #freepalestine," tutupnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Via Vallen (@viavallen)


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x