Kompas TV entertainment film

Ini 5 Film Berlatar Kapal Selam Terbaik Versi IMDb

Kompas.tv - 23 April 2021, 00:05 WIB
ini-5-film-berlatar-kapal-selam-terbaik-versi-imdb
Film Crimson Tide yang dibintangi oleh aktor kawakan Denzel Washington dan Gene Hackman bercerita tentang perselisihan dua pimpinan dalam sebuah kapal selam Amerika, USS Alabama, dalam sebuah misi khusus. (Sumber: imdb.com)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Berita tentang hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan di utara Bali pada Rabu (21/4/2021) menciptakan rasa penasaran khalayak tentang kehidupan para awaknya di dalam kapal selam. Tentu, kita semua berharap yang terbaik bagi seluruh 53 awak KRI Nanggala-402.

Namun, hidup dalam ruangan sempit di kapal selam selama berbulan-bulan tentu menciptakan dinamika tersendiri. Untuk memberi gambaran tentang kehidupan di dalam kapal selam, beragam film menarik berlatar kapal selam telah diproduksi.

Baca Juga: Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang, Jokowi Ajak Masyarakat Berdoa

Berikut 5 film berlatar kapal selam terbaik yang dirangkum versi IMDb, sebuah situs basis data daring informasi film yang dinilai oleh para penggemarnya:

Das Boot, film petualangan, drama dan thriller yang menceritakan tentang kehidupan di dalam sebuah kapal selam Jerman, diangkat dari novel karya Lothar G Buchheim. (Sumber: imdb.com)

1. Das Boot

Film ini bercerita tentang kehidupan para tentara yang menjalankan tugas khusus di U-Boot bernama U-96, ketika Perang Dunia 2 berkecamuk di Atlantik. Sekadar pengetahuan, U-Boot (atau U-boat dalam bahasa Inggris) merupakan sebutan bagi kapal selam militer buatan Jerman.

Das Boot yang disutradarai oleh Wolfgang Petersen berdasarkan novel karya Lothar G Buchheim ini mengisahkan tentang beragam sisi yang dialami para tentara di dalam kapal selam Jerman tersebut.

Baca Juga: Sejarah Kapal Selam Indonesia, Pernah Disegani Dunia!

Kebosanan melanda di hari-hari awal, lantaran nyaris tak ada insiden saat kapal mengintai pergerakan musuh. Hidup berdesakan di dalam kapal selam yang sempit membuat para awak mengalami klaustrofobia atau ketakutan berlebihan dalam ruangan sempit.

Stok makanan yang menipis dan toilet yang terbatas juga menciptakan krisis tersendiri. Dalam sekejap, candaan dan gurauan para awaknya berubah menjadi teror menegangkan saat kapal selam tersebut dihantam serangan bom dari kapal selam musuh.

Kapal selam tersebut pun mengalami kerusakan dan kebocoran di hampir semua bagiannya. Ketegangan yang mencekam pun tak terelakkan.

Film petualangan, drama dan thriller yang dirilis tahun 1981 ini meraih rating 8,3 di IMDb.

The Hunt for Red October yang dibintangi oleh aktor Hollywood Sir Sean Connery dan Alec Baldwin, menceritakan tentang potensi konflik perang nuklir antara Uni Soviet (Rusia dulu) melawan Amerika Serikat. (Sumber: imdb.com)

2. The Hunt for Red October

Pada bulan November 1984, di puncak Perang Dingin, Uni Soviet menciptakan sebuah kapal selam bersenjata nuklir baru. Kapal selam ini mampu meluncur dalam hening berkat temuan mesin penggerak yang revolusioner.

Namun, kapten kapal selam Rusia, Marko Ramius yang diperankan oleh aktor Sir Sean Connery, tiba-tiba membelot. Ia membawa kapal selam Rusia menuju AS untuk mencegah Rusia menggunakannya untuk memulai perang nuklir melawan AS.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Masih dalam Pencarian, Ini Deretan Kapal Selam yang Hilang dan Berhasil Ditemukan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x