Kompas TV entertainment musik

Serba-serbi Grammy Awards, Ini Perbedaan Album of the Year dengan Record of the Year

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 15:19 WIB
serba-serbi-grammy-awards-ini-perbedaan-album-of-the-year-dengan-record-of-the-year
Billie Eilish dan Finneas O'Connell saat menerima penghargaan Records of the Year di Grammy Awards 2021, Minggu (14/3/2021). (Sumber: Instagram/@recordingacademy)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ajang penghargaan Grammy Awards 2021 telah mengumumkan pemenangnya dari berbagai kategori nominasinya, Minggu (14/3/2021).

Dari puluhan kategori nominasi, Grammy Awards memiliki empat kategori utama yang selalu ditunggu-tunggu, di antaranya Best New Artist, Song of the Year, Record of the Year dan Album of the Year.

Dari empat kategori nominasi tersebut, kategori Album of the Year dan Record of the Year cukup membingungkan bagi orang awam. Lantas apa perbedaannya?

Baca Juga: Perjalanan Harry Styles dari Penjaga Toko Roti hingga Raih Grammy Awards 2021

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Grammy, terdapat pedoman dari departemen penghargaan Recording Academy untuk memutuskan Album of the Year.

Album dalam hal ini merupakan rekaman yang berisi setidaknya lima trek berbeda dengan total waktu pemutaran 15 menit atau total waktu pemutaran minimal 30 menit tanpa persyaratan trek minimum.

Album of the Year diberikan kepada artis, penulis lagu dan materi lagu, produser, teknisi rekaman, mixer dan mastering engineer dengan setidaknya 33 persen waktu pemutaran album.

Baca Juga: Momen Grammy Awards 2021, BTS: Kami akan Kembali dengan Lebih Hebat!

Album of the Yeard Grammy Awards 2021 dimenangkan oleh "Folklore" dari Taylor Swift yang di produseri oleh Jack Antonoff, Aaron Dessner  dan Taylor Swift sendiri.

Adapun untuk Record of the Year diberikan kepada satu lagu dan mengakui kinerja artis serta kontribusi keseluruhan dari produser, teknisi rekaman, mixer maupun teknisi ahli.

Record of the Year pada Grammy Awards 2021 dimenangkan oleh lagu "Everything I Wanted" yang dinyanyikan oleh Billie Eilish. Kontribusi lain di lagu ini yakni Finneas O’Connell sebagai produser, Rob Kinelski dan Finneas sebagai teknisi dan mixer, serta ahli teknisi John Greenham.

Baca Juga: Puncaki Nominasi Terbanyak, Beyonce Tolak Manggung di Grammy Awards 2021, Inikah Alasannya?

Sementara itu, Song of the Year diberikan kepada pencipta lagu dari materi baru dari sebuah lagu.

Song of the Year Grammy Awards 2021 dimenangkan oleh lagu berjudul "I Cant’t Breathe" yang ditulis oleh H.E.R, Dernst Emile II, dan Tiara Thomas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x