Kompas TV entertainment musik

Puncaki Nominasi Terbanyak, Beyonce Tolak Manggung di Grammy Awards 2021, Inikah Alasannya?

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 11:41 WIB
puncaki-nominasi-terbanyak-beyonce-tolak-manggung-di-grammy-awards-2021-inikah-alasannya
Beyonce tampil di panggung 2018 Coachella Valley Music And Arts Festival Weekend 1 di Empire Polo Field, Indio, California, pada 14 April 2018. Beyonce menolak tampil di panggung Grammy Awards 2021. (Sumber: Kevin Winter/Getty Images for Coachella/AFP)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Beyonce dikabarkan menolak tampil di panggung Grammy Awards 2021, padahal ia memuncaki nominasi terbanyak di ajang penghargaan musik ini.

Beyonce mendapatkan 9 nominasi, termasuk Record of the Years dan Song of the Years untuk lagu berjudul Black Parade.

CEO Recording Academy, Harvey Mason Jr mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan Beyonce yang menolak tampil di panggung Grammy Awards 2021.

“Sangat disayangkan, karena dia adalah bagian besar dari Recording Academy. Kami benar-benar berharap kami memiliki dia di atas panggung,” ujarnya, mengutip Esquire, Senin (15/3/2021).

Baca Juga: Busana Terburuk Grammy Awards 2021, Noah Cyrus Mirip Seprai, Phoebe Seperti ke Halloween

Beyonce sendiri tidak pernah menyebutkan alasannya menolak tampil di Grammy Awards. Beberapa pendapat mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan seorang penyanyi pesohor ini sebagai protes atas kegagalan Recording Academy dalam menghormati seniman kulit berwarna.

Pada 2017 lalu, Beyonce juga mendapatkan 9 nominasi di Grammy Awards, dua di antaranya berhasil menang, yakni Best Urban Contemporary Album dan Best Music Video.

Namun, orang-orang lebih menyukai jika Beyonce memenangkan Album of The Year untuk album Lemonade-nya, album visual yang ambisius dengan menonjolkan karakter artistiknya.

Sayangnya, nominasi tersebut telah jatuh ke tangan Adele. Adele yang terharu bersikeras mengatakan bahwa penghargaan tersebut seharusnya diberikan kepada Beyonce.

Baca Juga: Putri Beyonce, Blue Ivy Carter Raih Grammy Awards 2021 di Usia 9 Tahun

“Saya tidak mungkin menerima penghargaan ini. Seniman dalam hidupku adalah Beyonce, dan album Lemonade begitu monumental. Cara Anda membuat saya dan teman-teman saya merasa — cara Anda membuat teman-teman Kulit Hitam saya merasa — memberdayakan. Anda membuat mereka membela diri mereka sendiri. Aku mencintaimu, selalu begitu, dan akan selalu begitu” kata Adele kala itu.

Kemenangan Adel menimbulkan kemarahan di kalangan Beyhive, penggemar Beyonce. Recording Academy pun banyak mendapatkan sebutan bias rasial.

Keributan ini kemudian membuat Recording Academy membentuk Satuan Tugas tentang Keragaman dan Inklusi yang membuat bagian voting bertambah sebanyak 900 anggota. Semuanya adalah wanita kulit berwarna dan/atau artis di bawah usia 39 tahun.

Baca Juga: Gagal Raih Grammy Awards 2021, BTS Janjikan Pertunjukan Musik yang Lebih dari "Dynamite"

Suami Beyonce, Jay-Z juga memilkiki statistik yang meresahkan di Grammy. Ia dinominasikan sebanyak 80 kali namun tak pernah membawa pulang penghargaan di kategori utama.

Selain Beyonce, sejumlah artis juga pernah menolak untuk tampil di panggung Grammy Awards, seperti Drake, Kendrick Lamar, dan Childish Gambimo. Penolakan ini disebut karna alasan ras yang dilakukan Recording Academy.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x