Kompas TV entertainment lifestyle

Tips Jitu Merawat Sepatu di Musim Hujan

Kompas.tv - 15 Februari 2021, 13:23 WIB
tips-jitu-merawat-sepatu-di-musim-hujan
Ilustrasi sepatu di musim hujan (Sumber: Pexels/Luca Nardone)
Penulis : Gempita Surya

SOLO, KOMPAS.TV - Beraktivitas di musim hujan butuh perhatian ekstra dalam menjaga penampilan dari rambut sampai ujung kaki. Namun tak jarang, kita harus pulang dalam keadaan pakaian dan sepatu yang basah kuyup.

Sayangnya, hanya membiarkan sepatu yang basah mengering tanpa membersihkannya dengan tepat dapat merusak warna dan tekstur sepatu secara permanen.

Sepatu yang basah dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, jika tidak dikeringkan dengan benar. Hal ini terjadi karena sepatu yang basah menjadi tempat untuk bakteri berkembang biak.

Baca Juga: Sepatu Keren Berbahan Limbah Kulit Ceker Ayam

Untuk merawat dan mengeringkan sepatu yang basah, diperlukan teknik yang sesuai dengan jenis dan bahan sepatu. Berikut ini adalah rangkuman tips merawat sepatu di musim hujan berdasarkan jenis dan bahannya:

1. Sepatu olahraga

Dalam video tutorial yang dibuat Jeff Dengate -Editor Sepatu dan Perlengkapan Olahraga untuk Runner's World, disarankan untuk melepas insole sepatu, terutama jika sangat basah.

Sebab, lapisan alas tapak kaki ini rentan menjadi rumah bagi bakteri untuk tumbuh. Bakteri inilah yang menyebabkan bau tak sedap pada sepatu yang basah.

Setelah melepas insole, tutupi bagian dalam sepatu dengan sobekan koran, dan biarkan kertas koran menyerap air yang ada di dalam sepetu.

Tips ini bisa membantu mempercepat proses mengeringkan sepatu kets, tanpa menyebabkan bau tak sedap.

Baca Juga: Mudah Banget! Cara Membuat Rak Sepatu dari Kardus Bekas



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x