Kompas TV entertainment lifestyle

11 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 06:05 WIB
11-cara-turunkan-berat-badan-tanpa-olahraga
Sayuran dan buah-buahan sehat penuh nutrisi dan membantu menurutkan berat badan. (Sumber: Kompas/Tribunnews)
Penulis : Edwin Shri Bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tentu kita tidak ingin memiliki berat badan berlebih karena mengganggu penampilan atau rasa percaya diri dan rentan penyakit. Seperti kita ketahui bersama, obesitas berkaitan dengan beragam penyakit berbahaya, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Kita bisa mengetahui apakah tubuh kita masuk kategori sehat atau sudah kegemukan melalui sejumlah cara yang dapat mengukur tingkat obesitas. Diantaranya adalah menghitung indeks massa tubuh (IMT), menggunakan rumus Broca, atau menghitung rasio lingkar pinggang (waist) dan panggul (hip).

Pada umumnya, kelebihan berat badan dapat diatasi dengan pengaturan pola makan dan berolahraga.

Lalu, adakah cara menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga? Jawabannya: tentu ada.

Beberapa upaya pengaturan makan dan gaya hidup berikut dapat dicoba, seperti laporan Irawan Sapto Adi dari Kompas.com pada Selasa (05/01/2021):

2. Makan Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi dapat membuat kenyang lebih lama karena serat akan menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan.

Peningkatan asupan serat bisa menjadi salah satu langkah penting untuk mengurangi timbunan lemak di perut. Berikut beberapa bahan makanan berserat tinggi yang diyakini baik dikonsumsi untuk mengecilkan perut buncit: Kubis, Alpukat, Kacang polong,  Blackberry

3. Mulai Memasak Menggunakan Minyak Kelapa

Tidak semua minyak goreng memiliki efek buruk bagi kesehatan. Minyak kelapa misalnya.

Minyak ini justru baik digunakan dalam diet untuk mengecilkan perut buncit. Minyak ini tinggi kalori sehingga baik sebagai pengganti bahan makanan berlemak.

4. Konsumsi Lemak Ikan

Serupa dengan minyak, tidak semua lemak buruk bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja lemak ikan yang terbukti kaya akan protein dan omega-3 yang bisa melindungi seseorang dari serangan penyakit, termasuk menghilangkan lemak di sekitar perut.

Konsumsilah lemak dari ikan herring, salem, sarden, dan teri tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat mengecilkan perut buncit.

5. Turunkan atau Hindari Stres

Ada anggapan bahwa tingkat stres berbading lurus dengan berat badan seseorang. Hal itu memang bisa saja terjadi karena stres bisa memicu tubuh untuk menghasilkan hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan.

6. Istirahat atau Tidur Cukup




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x