Kompas TV entertainment selebriti

Mengenal Malam Bainai, Acara yang Dilakukan Nikita Willy Jelang Pernikahan

Kompas.tv - 15 Oktober 2020, 12:00 WIB
mengenal-malam-bainai-acara-yang-dilakukan-nikita-willy-jelang-pernikahan
Nikita Willy saat Malam Berinai atau Malam Bainai prosesi adat Minangkabau, Sumatera Barat. (Sumber: Instagram/@thebridestory)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernikahan Nikita Willy dan Indra Priawan sudah semakin dekat. Rabu (14/10/2020) pagi, Nikita Willy mengadakan pengajian.

Di hari yang sama, wanita kelahiran 29 Juni 1994 ini juga mengadakan Malam Berinai atau Malam Bainai prosesi adat Minangkabau, Sumatera Barat. 

Malam Bainai adalah malam terakhir bagi calon pengantin wanita merasakan kebebasan sebagai lajang sebelum menikah.

Malam Bainai menjadi momen melepas si calon anak daro atau calon pengantin wanita. Nikita dan keluarganya terlihat mengenakan pakaian adat Minang.

Nikita Willy sebagai anak daro melakukan ritual mandi-mandi. Berbeda dengan prosesi siraman dalam tradisi adat Jawa, anak daro tidak melakukan penyiraman hingga tubuhnya basah kuyup.

Baca Juga: Nikita Willy Gelar Pengajian Jelang Menikah, Semua Tamu Rapid Test

Dalam prosesi tersebut, anak daro hanya dipercikkan air saja sebagai sebuah simbolik. Sesuai dengan prosesi adat, air haruman tujuh macam bunga yang dipercikkan langsung ke Nikita hanya boleh dilakukan sesepuh kerabat terdekat dari pihak calon mempelai perempuan. Jumlah pemercik pun harus ganjil dan diakhiri oleh kedua orangtua dari anak daro. 

Warna yang dipilih Nikita saat Malam Bainai bernuansa abu-abu silver. Selain itu, dekorasi acara dilengkapi perpaduan warna emas dan ungu, sehingga memberikan kesan megah serta memmiliki detail-detail tradisional. 

Dalam prosesi tersebut, keluarga dan kerabat yang hadir pun mengenakan pakaian adat. Hal inilah yang membuat suasana prosesi Malam Bainai yang dijalani oleh Nikita menjadi semakin hangat dan melestarikan tradisi yang ada. 

Dilihat dari Instagram @nikitawillyofficial94, Nikita juga mengadakan pengajian virtual sehingga kerabat yang tidak bisa hadir langsung juga bisa menyaksikan prosesi pengajian. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Home is where you are loved the most

A post shared by Nikita Willy (@nikitawillyofficial94) on

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x