Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bandara Dhoho Siap Beroperasi 100 Persen, Ditargetkan Bisa Layani Arus Mudik Lebaran 2024

Kompas.tv - 31 Maret 2024, 12:05 WIB
bandara-dhoho-siap-beroperasi-100-persen-ditargetkan-bisa-layani-arus-mudik-lebaran-2024
Bandara Dhoho. Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan, Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, sudah siap melayani penerbangan. Ia berharap bandara yang diusulkan dan dibangun oleh Gudang Garam itu bisa melayani arus mudik Lebaran 2024. (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

KEDIRI, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan, Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, sudah siap melayani penerbangan. Ia berharap bandara yang diusulkan dan dibangun oleh Gudang Garam itu bisa melayani arus mudik Lebaran 2024. 

Hal itu ia sampaikan saat meninjau Bandara Dhoho pada Sabtu (30/3/2024).

"Bandara saya melihat kesiapan semua, sudah 100 persen. Kami berusaha secepatnya dioperasikan. Kalau keinginan kami tanggal mudik 5-6 April 2024, mudah-mudahan," kata Adhy seperti dikutip dari Antara

Pada kesempatan yang sama, General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Dhoho Kediri, I Nyoman Noer Rohim, mengungkap, sebelumnya sudah ada tiga jet pribadi yang lepas landas dari Bandara Dhoho. Sedangkan untuk penerbangan reguler masih dalam proses perizinan. Termasuk pengaturan rotasi pesawat bagi maskapai yang telah mendapatkan izin rute.

"Untuk maskapai yang telah mendapatkan izin rute yaitu Batik Air dan Super Air Jet. Mereka masih berproses terkait pengaturan pesawat," ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Resmikan Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu Yang Sebelumnya Terdampak Bencana

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kediri Irwan Chandra menambahkan, pengerjaan akses jalan Tol Kediri - Tulungagung juga terus dilakukan.

Sebelum jalan tol itu dapat dilalui, akses pendukung menuju bandara yang lebih dulu dikebut pemerintah telah rampung dan dapat dilalui ketika tol belum selesai.

Akses jalan tersebut mulai dari Jalan Nganjuk-Kediri, Jalan Tulungagung-Kediri melalui Kecamatan Mojo, Jalan Jawa dan Jalan PB Sudirman.

"Saat ini yang belum (selesai) Jembatan Jongbiru," ucap Irwan Chandra.

Irwan menyebut saat ini persoalan izin bandara tersebut juga sudah selesai. Selain itu, infrastruktur juga sudah 100 persen. Fasilitas di lokasi tersebut juga tersedia.

Baca Juga: PLTGU Jawa-1 Berkapasitas 1760 MW Siap Beroperasi, Disebut Terbesar di Asia Tenggara



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x