Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Cek Tarif Terbaru Bakauheni-Palembang di Buku Panduan Mudik Tol Trans Sumatera Keluaran Hutama Karya

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 09:50 WIB
cek-tarif-terbaru-bakauheni-palembang-di-buku-panduan-mudik-tol-trans-sumatera-keluaran-hutama-karya
Mengawali rangkaian layanan operasional arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menggelar Apel secara serentak di seluruh ruas tol pada Kamis (28/03). Untuk pelaksanaan terpusat dilaksanakan di Rest Area KM 118 Jalur A, Tol Indrapura – Kisaran. (Sumber: Hutama Karya)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi anda yang akan mudik melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), bisa mengunduh Trans Sumatera Ramadhan Guide Book 2024 yang baru diluncurkan PT Hutama Karya Tbk, Kamis (28/3/2024). 

Hutama Karya adalah pengelola JTTS. Panduan ini dapat diunduh secara digital atau dapat dilihat di website resmi Hutama Karya pada bagian Info Mudik Lebaran 2024 (https://bit.ly/TransSumateraRamadhanGuideBook).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, dalam buku panduan digital itu terdapat peta JTTS, fasilitas, lokasi rest area, info call center, himbauan berkendara hingga info wisata, kuliner, dan tentunya tarif tol Trans Sumatera.

“Semua informasi penting mengenai Tol Trans Sumatera kami rangkum di panduan tersebut, pemudik dapat mempelajari dan mengetahui terlebih dahulu medan yang akan dilalui, sehingga dapat merasa aman dan nyaman berkendara, termasuk informasi kuliner, oleh-oleh dan tempat wisata yang dapat dikunjungi selama mudik,” kata Tjahjo dalam keterangan resminya, dikutip dari laman Kementerian BUMN, Kamis (28/3).  

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, BPJT PUPR Sebut Akan Ada Diskon Tarif Tol hingga 20 Persen di Trans Jawa

Ia juga mengimbau kepada para pemudik untuk mempelajari terlebih dahulu tarif Tol Trans Sumatera sebelum memulai perjalanan mudik. Sehingga akan mencegah ketidakcukupan saldo yang dapat mengakibatkan terjadinya antrran di gerbang tol.

Jika di total, tarif JTTS yang perlu menjadi perhatian pemudik adalah dari Bakauheni ke Palembang yakni sebesar Rp 410.000 untuk kendaraan golongan 1 seprti mobil sedan, jip, pikap atau truk kecil, dan bus.

Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding momen mudik tahun lalu karena ada penyesuaian tarif Tol Bakauheni - Terbanggi Besar sejak 25 Mei 2023 sebelum kemudian dikelola oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tol. 

Selain itu di sisi utara, tarif untuk golongan 1 dari Bandara Kualanamu menuju Tanjung Pura adalah sebesar Rp105.500.

Diskon tarif tol Trans Sumatera

Hutama Karya juga berencana menerapkan diskon tarif tol di dua ruas terpanjang Jalan Tol Trans Sumatera pada mudik Lebaran 2024.

Baca Juga: Detik-Detik Sopir 18 Tahun Picu Kecelakaan Beruntun di GT Tol Halim

Dua ruas tol itu yakni di Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 189 km dan Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 km.

“Saat ini kami masih melakukan perhitungan atas rencana penerapan diskon tarif tersebut. Harapannya dapat segera kami umumkan maksimal satu minggu sebelum arus mudik dimulai,” ungkap Tjahjo. 

Perusahaan juga telah menggelar apel serentak di seluruh ruas tol yang dikelolanya pada Kamis (28/3). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x