Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pembangunan Tol Bawen-Jogja Disetop Sementara H-10 Lebaran agar Arus Mudik Lancar

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 16:35 WIB
pembangunan-tol-bawen-jogja-disetop-sementara-h-10-lebaran-agar-arus-mudik-lancar
PT Trans Marga Jateng (TMJ) akan menghentikan sementara pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mulai H-10 Lebaran 2024. (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

SEMARANG, KOMPAS.TV - PT Trans Marga Jateng (TMJ) akan menghentikan sementara pembangunan Jalan Tol Bawen-Yogyakarta di wilayah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mulai H-10 Lebaran 2024.

Pasalnya, pembangunan proyek Tol Bawen-Yogyakarta yang dimulai setelah gerbang Tol Bawen di Kabupaten Semarang, mengganggu akses masuk menuju ruas tol Semarang-Solo.

"Mulai 31 Maret 2024 sudah dihentikan pengerjaannya," kata Direktur Utama PT TMJ, Prajudi, di Semarang, Jumat (22/3/2024). 

"Kami berupaya agar akses kendaraan yang akan masuk maupun keluar melalui gerbang tol Bawen tetap lancar," ujarnya seperti dikutip dari Antara. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Tarif Transportasi Jangan Naik Terlalu Tinggi saat Mudik Lebaran

Penghentian sementara proyek Tol Bawen-Yogyakarta rencananya akan dilakukan hingga 22 April 2024. Jika terjadi kepadatan tinggi di pintu keluar Tol Bawen, akan dialihkan ke gerbang tol selanjutnya, yakni gerbang tol Salatiga.

Prajudi mengatakan, pada Lebaran tahun ini diperkirakan ada 1,5 juta kendaraan melintasi ruas tol Semarang-Solo saat arus mudik.

PT TMJ memperkirakan, arus mudik di ruas tol itu terjadi pada H-4 dengan jumlah kendaraan yang melintas akan mencapai 72.000 unit.

Ia menyampaikan, pihaknya PT memastikan kondisi infrastruktur penunjang di ruas Tol Semarang-Solo siap menghadapi arus mudik tahun ini. Selain kondisi jalan, Kepolisian bersama pihak terkait juga akan memberlalukan rekayasa lalu lintas. 

Baca Juga: Jasa Marga Siapkan 4 Tol Fungsional untuk Mudik Lebaran 2024, Ada Tol Japek II dan Tol Jogja-Solo

"Mulai 5 sampai 7 April 2024 akan diberlakukan sistem satu arah nonstop dari arah barat hingga Semarang. Saat arus balik, sistem satu arah mulai diberlakukan pada 12 sampai 16 April 2024," tuturnya. 

Selain itu, layanan transaksi di gerbang tol juga akan dipercepat untuk mencegah antrean kendaraan.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x