Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jasa Marga Siapkan 4 Tol Fungsional untuk Mudik Lebaran 2024, Ada Tol Japek II dan Tol Jogja-Solo

Kompas.tv - 22 Maret 2024, 03:45 WIB
jasa-marga-siapkan-4-tol-fungsional-untuk-mudik-lebaran-2024-ada-tol-japek-ii-dan-tol-jogja-solo
PT Jasa Marga Tbk. Menyiapkan sejumlah jalur fungsional untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. (Sumber: Jasa Marga )
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga Tbk. menyiapkan sejumlah jalur fungsional untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan jalan tol fungsional yang disiapkan di antaranya yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo), dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

“Untuk Jalan Tol Jogja-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu s.d Ngawen sepanjang 22,3 km dari (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 km). Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo," kata Lisye dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (21/3/2024). 

Ia menerangkan, jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00-17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Sementara untuk jalur fungsional Japek II Selatan akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Jalur tersebut dioperasikan secara situasional sesuai diskresi kepolisian untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik.

Baca Juga: KAI Ingatkan soal Larangan Merokok dalam Kereta, Pelanggar Akan Diturunkan di Stasiun Terdekat

"Tepatnya dari arah Bandung dan sekitarnya yang menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujarnya. 

Selain itu, Jasa Marga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 sampai KM 210+190 (sepanjang ± 2,04 km) serta akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakata maupun arah Bandung.

"Jasa Marga mengimbau para pengguna jalan tol agar memperhatikan aspek kesiapan perjalanan, seperti memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan dibarengi dengan mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi)," tutur Lisye. 

Baca Juga: KAI Larang Warga Ngabuburit Dekat Rel Kereta, kalau Melanggar Bisa Kena Denda Rp15 Juta!

Pastikan juga BBM sudah terisi penuh sebelum melakukan perjalanan, lakukan pengecekan tarif tol serta mengisi saldo uang elektronik dengan cukup, dan memastikan kecukupan pulsa/data ponsel. 

Pengguna jalan juga bisa mengunduh aplikasi Travoy untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini dan update lokasi posko layanan kesehatan di Rest Area Jasa Marga Group yang juga dilengkapi dengan fitur push notification.

Jasa Marga juga meminta kerja sama pengguna jalan dalam memilih waktu dan rute selama perjalanan mudik dengan menghindari perjalanan di waktu puncak arus mudik dan arus balik.

Kemudian menghindari perjalanan di waktu favorit seperti sehabis waktu sahur atau berbuka puasa. Bagi yang memiliki keleluasaan waktu lebih panjang, agar lakukan perjalanan mudik lebih awal dan perjalanan balik lebih akhir. 

Baca Juga: Penting! Ini Nomor yang Bisa Dihubungi Terkait Info Lalu Lintas dan Jalan Tol, Biar Mudik Lancar

"Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk mengecek waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang dinamis dari pihak Kepolisian," ucapnya. 

Informasi lalu lintas termasuk mengenai waktu dan rute pemberlakuan rekayasa lalu lintas dari kepolisian bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Aplikasi Travoy, Akun X @PTJASAMARGA serta media sosial resmi Jasa Marga.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x