Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ini yang Terjadi jika Keluar Waiting Room saat Antre Beli Tiket Kereta Mudik Secara Online

Kompas.tv - 25 Februari 2024, 11:07 WIB
ini-yang-terjadi-jika-keluar-waiting-room-saat-antre-beli-tiket-kereta-mudik-secara-online
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan sistem antrean dalam pembelian tiket kereta mudik Lebaran tahun 2024 ini. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan sistem antrean dalam pembelian tiket kereta mudik Lebaran tahun 2024 ini. Fitur sistem antrean atau waiting room adalah sistem antrean online yang diterapkan oleh KAI pada aplikasi Access by KAI dan website booking.kai.id.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, antrean diterapkan saat pemesanan tiket untuk mengatur aliran pemesanan tiket secara lebih terorganisir, terutama pada saat trafik pemesanan tinggi. 

Fitur ini membantu memastikan bahwa website dan aplikasi tetap stabil dan pengguna dapat memesan tiket dengan lebih adil dan teratur.

"Saat Anda mengakses aplikasi Access by KAI atau website booking kai.id untuk pemesanan tiket kereta pada periode sibuk, maka Anda akan dimasukkan ke dalam Waiting Room," kata Joni dalam keterangan resminya, Kamis (22/2) dikutip dari Kompas.tv

Baca Juga: Lokasi Pasar Murah di Jakarta Mulai 26 Februari-7 Maret, Harga Rp100.000 Bisa Dapat Banyak

"Secara sistem, di belakang Anda akan mendapatkan nomor antrean dan harus menunggu giliran Anda untuk bisa mengakses sistem pemesanan tiket. Waktu tunggu bisa bervariasi tergantung pada jumlah pengguna yang sedang online," sambungnya. 

Sistem antrean ini lazim digunakan dalam pembelian tiket konser. Lantas, apa yang terjadi jika pengguna keluar dari Waiting Room sebelum gilirannya? Joni mengatakan, pengguna akan kehilangan posisi antrean dan harus memulai dari awal jika ingin kembali masuk antrean. 

"Oleh karena itu, disarankan untuk tetap dalam Waiting Room hingga giliran tiba," ujarnya. 

Setelah masuk ke tampilan jadwal yang dicari, lanjut Joni, pengguna akan diberikan waktu selama 5 menit untuk memilih jadwal atau menggeser tab tanggal ke tanggal sebelumnya atau tanggal berikutnya. 

Baca Juga: Mudik Gratis BUMN dengan Bus dan Kereta Ada Lagi, Kuotanya Ditambah Jadi 80.000 Orang

Namun jika dalam waktu 5 menit tidak memilih jadwal kereta atau idle di halaman pemilihan jadwal kereta, pengguna akan diarahkan kembali ke dalam waiting room.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x