Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Menhub Ingin Pengelolaan Pelabuhan di RI Contoh Pelabuhan Laem Chabang di Thailand

Kompas.tv - 11 Februari 2024, 02:05 WIB
menhub-ingin-pengelolaan-pelabuhan-di-ri-contoh-pelabuhan-laem-chabang-di-thailand
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninginkan pengelolaan pelabuhan di Indonesia belajar dari pelabuhan negara lain. Salah satunya adalah pelabuhan Laem Chabang di Thailand. (Sumber: Kemenhub)
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

BANGKOK, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi menginginkan pengelolaan pelabuhan di Indonesia belajar dari pelabuhan negara lain. Salah satunya adalah pelabuhan Laem Chabang di Thailand.

Dengan begitu, pelabuhan di Indonesia juga bisa menjadi pelabuhan yang berkelas dunia dan dapat bersaing di dunia internasional. 

“Kita belajar banyak di sini (Pelabuhan Laem Chabang), karena ini adalah pelabuhan yang di desain dan dibangun dengan jumlah 14 juta teus,” kata Budi saat mengunjungi dan berdiskusi dengan Pimpinan Pelabuhan Laem Chabang di Bangkok, Thailand, Jumat (9/2/2024). 

Baca Juga: Liburan Murah Naik Bus Wisata Jakarta yang Gratis, Ini 4 Rutenya

Ia mengatakan, sebagai negara dengan lebih dari 17.000 pulau, pelabuhan menjadi salah satu hal terpenting yang harus dikelola dengan baik di Indonesia. Tidak hanya untuk konektivitas masyarakat, tapi juga konektivitas logistik. 

Pelabuhan Laem Chabang adalah contoh sukses bagaimana hal tersebut dapat dikelola dengan baik.

“Ini adalah sebuah pelabuhan yang dipindahkan dari Bangkok ke sini. Bangkok pasti membuat kemacetan oleh karenanya semua ekspor impor semua dibawa ke Laem Chabang," ujarnya dikutip dari laman resmi Kemenhub. 

Baca Juga: Daftar 16 Rute Transjakarta yang Kini Beroperasi Tiap Hari, Ada Senen-Tn. Abang dan Rambutan-Priok

"Hari ini kami berterima kasih dan kita mendapat contoh yang bagus bagaimana mengelola suatu terminal dan dengan banyak partner dari beberapa perusahaan,” tambahnya. 

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu menyebut, keberhasilan ini harus dapat diaplikasikan di Indonesia. Sehingga pelabuhan di Indonesia dapat bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan di ASEAN bahkan dunia.

Turut hadir Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priyadi, Sesditjen Perhubungan Laut Lollan Panjaitan, Director General Pelabuhan Laem Chabang Mr. Rutthakorn, dan Managing Director Pelabuhan Laem Chabang Mr. Suwit Ratanachinda.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x