Kompas TV lifestyle travel

Liburan Murah Naik Bus Wisata Jakarta yang Gratis, Ini 4 Rutenya

Kompas.tv - 10 Februari 2024, 06:30 WIB
liburan-murah-naik-bus-wisata-jakarta-yang-gratis-ini-4-rutenya
Bagi Anda yang belumpunya agenda di akhir pekan, bisa mencoba berkeliling pusat Kota Jakarta dengan menggunakan bus wisata yang disediakan Pemprov DKI Jakarta. (Sumber: Transjakarta )
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berkeliling pusat kota Jakarta naik bus wisata bisa menjadi kegiatan alternatif untuk mengisi libur panjang Imlek 2024. Bus wisata tersebut disediakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan swasta. 

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) baru saja menghadirkan rute baru bus wisata Monas Explorer (BW 10). Bus tersebut melayani rute halte IRTI, Gambir, Juanda, Istiqlal, dan Monas. 

Baca Juga: Jelang Perayaan Imlek, ini Daftar Shio yang Hoki di Tahun Naga Kayu

"Berwisata keliling Jakarta, naik bus tingkat Transjakarta aja! Pastikan kamu sudah menyiapkan Kartu Uang Elektronik (KUE) untuk tap in dan tap out pada bus ya. Tenang aja, tarifnya cuma Rp0 kok!" tulis Transjakarta di akun Instagram resminya, Kamis (9/2/2024). 

"Dan mulai Selasa, 13 Februari 2024, akan ada penyesuaian rute BW10: Monas Eksplorer yang dimodifikasi menjadi BW2: Monas Eksplorer."

Dengan adanya BW2, rute bus wisata semakin lengkap. Sebelumnya sudah ada bus Sejarah Jakarta (BW 01), Pencakar Langit (BW 04), dan Kota Tua-Pantai Indah Kapuk (PIK) (BW 09).

Baca Juga: Jadwal Rekayasa Lalu Lintas di Tol Trans Jawa selama Libur Isra Mikraj dan Imlek 2024

Namun, sejak 17 Oktober 2023 lalu, Bus Wisata Jakarta Baru yang melayani titik pemberhentian IRTI, Balai Kota, Sarinah, Bundaran HI, Sarinah (Menara Topas), Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru GKJ, Juanda/Istiqlal, Monas 1 dan Monas 2, berhenti beroperasi.

Rute Bus Wisata Jakarta 

1. Sejarah Jakarta (BW 01): Juanda Istiqlal, Museum Bank Indonesia, dan Kali Besar Barat.

2. Pencakar Langit (BW 04): IRTI, Karet, hingga Senayan.

3. Kota Tua-PIK (BW 09): Kali Besar Barat 1, Pantai Maju, hingga PIK Avenue.

Baca Juga: Tak Hanya One Way, Polisi Juga Berlakukan Ganjil-Genap selama Liburan Tahun Baru di Puncak Bogor!

4. Monas Explorer (BW10): halte IRTI, Gambir, Juanda, Istiqlal,  dan Monas.

Seluruh rute bus wisata di atas beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tarifnya pun Rp0 alias gratis untuk semua masyarakat.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x