Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Penyaluran Bantuan Beras 10 Kg Mulai Februari 2024, Simak Cara Cek Penerima Pakai KTP di Cek Bansos

Kompas.tv - 8 Februari 2024, 04:00 WIB
penyaluran-bantuan-beras-10-kg-mulai-februari-2024-simak-cara-cek-penerima-pakai-ktp-di-cek-bansos
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Dirut Bulog Budi Waseso saat meninjau beras untuk bansos beberapa waktu lalu. Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bantuan sosial (bansos) beras 10 kg, hingga Juni 2024. Tadinya, bansos tersebut hanya diberikan sampai November 2023. (Sumber: Setneg.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam kunjungannya ke Gudang Bulog di Purwomartani, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), baru-baru ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengumumkan rencana penyaluran bantuan sosial berupa beras seberat 10 kilogram untuk Februari 2024.

Bantuan ini diharapkan dapat memberikan dukungan kepada masyarakat hingga Juni 2024, dengan potensi perpanjangan bergantung pada anggaran pemerintah yang tersedia.

Baca Juga: KPU RI saat Hari Terakhir Urus Pindah TPS Pemilu 2024

"Yang paling penting Bapak/Ibu, Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni diberikan bantuan (beras). Sementara sampai Juni, nanti kalau APBN kita itung-itung cukup, bisa dilanjutkan lagi," kata Jokowi, dikutip dari Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Menghadapi kenaikan harga beras secara global, pemerintah mengambil langkah proaktif dengan memberikan bantuan beras.

Baca Juga: Kades Korupsi Dana Desa Rp200 Juta, Uang Dipakai Karaoke hingga Nyabu

Tujuannya untuk meringankan beban ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Presiden Jokowi menegaskan pentingnya bantuan ini dalam membantu masyarakat menghadapi tantangan ekonomi saat ini.

Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 Kg

Masyarakat yang ingin mengetahui status mereka sebagai penerima bantuan sosial beras 10 kg dapat melakukan pengecekan melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Proses pengecekan melibatkan memasukkan data pribadi sesuai dengan KTP, termasuk nama lengkap dan kode captcha sebagai langkah keamanan, untuk mengakses informasi penerimaan bansos.

Baca Juga: BUMN Pelni Buka Lowongan Kerja Februari 2024, Maksimal Usia 58 Tahun, Ini Link Daftar dan Syaratnya

Inisiatif penyaluran bantuan sosial beras oleh Presiden Joko Widodo merupakan langkah signifikan pemerintah dalam mengatasi tantangan ekonomi yang dihadapi masyarakat akibat kenaikan harga beras.

Dengan pengecekan penerima yang dapat dilakukan secara online dan kerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam distribusi, program ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dan memastikan kebutuhan pokok mereka terpenuhi.

Baca Juga: KJP Plus Tahap 2 Februari 2024 Cair! Ada 656.390 Siswa Dapat Bantuan, Ini Cara Cek Penerimanya


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x