Kompas TV ekonomi keuangan

Profil Danacita yang Beri Pinjaman UKT ITB, Ada Nama Gita Wirjawan dan Eks CEO Indosat

Kompas.tv - 29 Januari 2024, 11:18 WIB
profil-danacita-yang-beri-pinjaman-ukt-itb-ada-nama-gita-wirjawan-dan-eks-ceo-indosat
Nama perusahaan financial technology (fintech) Danacita kini tengah ramai diperbincangkan publik, karena menyediakan pinjaman online untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa di Institut Teknologi Bandung. (Sumber: Danacita)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Nama perusahaan financial technology (fintech) Danacita kini tengah ramai diperbincangkan publik, karena menyediakan pinjaman online untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa di Institut Teknologi Bandung. 

Mengutip dari laman resminya, Senin (29/1/2024), Danacita merupakan bagian dari ErudiFi, sebuah perusahaan teknologi yang menjalankan bisnis education loan di Asia Tenggara. ErudiFi juga punya bisnis serupa di Filipina yang dijalankan perusahaan bernama Bukas. 

Manajemen Danacita menyatakan, perusahaannya hadir untuk membuat biaya pendidikan lebih terjangkau. Selain menyediakan pinjaman uang kuliah, Danacita juga bekerja sama dengan lembaga kursus. 

Ternyata bukan hanya ITB, totalnya 148 lembaga kursus, universitas, politeknik dan sekolah tinggi yang bekerja sama dengan Danacita di Indonesia. 

"Angka partisipasi kasar di Indonesia untuk pendidikan tinggi hanya 35% - salah satu yang terendah di dunia, bahkan di Asia Tenggara. Selain itu, sekarang ini pilihan pendanaan khusus untuk pendidikan juga masih sangat terbatas di Indonesia. Danacita hadir untuk menurunkan kendala keuangan agar semua dapat meraih pendidikan di Indonesia," tulis Danacita. 

Baca Juga: ITB Gandeng Pinjol untuk UKT Mahasiswa, AFPI: Tak Menyimpang, Sudah Ada sejak 1960-an

Alfonsus Dwianto Wibowo menjabat sebagai Dirut Danacita. Ia bergabung sejak awal berdirinya Danacita pada tahun 2018, memimpin beberapa fungsi dari marketing hingga operations. Sebelum bergabung dengan Danacita, Alfonsus menjajaki karir di industri manufaktur selama hampir 9 tahun. Alfonsus merupakan alumni dari Universitas Katolik Soegijapranata.

Sedangkan di jajaran dewan penasehat atau advisor, ada nama Gita Wirjawan. Ia pernah menjabat Menteri Perdagangan dari tahun 2011 sampai 2014, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dari tahun 2009 sampai 2011.

Gita Wirjawan merupakan Kepala dari Ancora Group, sebuah grup di Indonesia yang didirikannya pada  2008 yang berfokus pada sektor real estate, teknologi, pendidikan dan sumber daya alam. 

Dalam dunia pendidikan, Gita duduk sebagai salah satu Dewan Penasihat Global untuk Yale University School of Management dan Dewan Gubernur untuk Asia School of Business (MIT Sloan).



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x