Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Apple Jadi Produsen Ponsel Pintar Terlaris di Dunia 2023, Akhiri Dominasi Samsung selama 12 Tahun

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 14:56 WIB
apple-jadi-produsen-ponsel-pintar-terlaris-di-dunia-2023-akhiri-dominasi-samsung-selama-12-tahun
Logo Apple sebuah gerai Apple di Washington, Amerika Serikat, Kamis (27/1/2022). Apple akhirnya menyalip Samsung sebagai penjual ponsel pintar terlaris di dunia. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apple akhirnya menyalip Samsung sebagai penjual ponsel pintar terbesar atau terlaris di dunia.

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), sepanjang 2023, iPhone mencatat angka penjualan sebanyak 234,6 juta unit. Sedangkan ponsel Samsung yang terjual di tahun yang sama sebanyak 226,6 juta unit.

Dengan penjualan itu, Apple kini menguasai 20 persen pasar sekaligus mengakhiri 12 tahun kepemimpinan Samsung di pasar ponsel pintar.

IDC mengungkapkan, perangkat kelas atas yang ditawarkan iPhone kini semakin populer di masyarakat. 

“Terakhir kali perusahaan selain Samsung menduduki puncak pasar ponsel pintar adalah pada tahun 2010, dan untuk tahun 2023 sekarang adalah Apple,” kata IDC, seperti dilansir The Guardian, Rabu (17/1/2024). 

Baca Juga: 7 Fitur AI di Samsung Galaxy S24 Series, Ada Live Translate hingga Circle to Search

“Semacam peralihan kekuatan di puncak pasar elektronik konsumen terbesar yang didorong oleh pangsa pasar Apple yang tinggi sepanjang masa dan untuk pertama kalinya berada di puncak," tambah IDC. 

IDC menyatakan perusahaan teknologi AS senilai 2,8 triliun dolar AS itu menguasai 20,1 persen pangsa pasar, mengungguli Samsung yang menguasai 19,4 persen.

Apple sudah mapan sebagai pembuat ponsel pintar terbesar dalam hal pendapatan dan keuntungan. Namun ini adalah pertama kalinya Apple memimpin pasar dalam hal volume. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Screenshot di Macbook? Simak Langkah Cepat dan Mudah dari Apple



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x