Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Hutama Karya akan Naikkan Tarif 4 Ruas Tol Trans Sumatera Tahun Ini

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 15:28 WIB
hutama-karya-akan-naikkan-tarif-4-ruas-tol-trans-sumatera-tahun-ini
Ilustrasi. Hutama Karya akan menaikkan tarif 4 ruas tol Trans Sumatera tahun ini. Keempat ruas tol tersebut adalah Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung; Tol Palembang-Indralaya; Tol Pekanbaru-Dumai; dan Tol Sigli-Banda Aceh. (Sumber: Hutama Karya)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hutama Karya akan menaikkan tarif 4 ruas tol Trans Sumatera tahun ini. Keempat ruas tol tersebut adalah Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung; Tol Palembang-Indralaya; Tol Pekanbaru-Dumai; dan Tol Sigli-Banda Aceh. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan penyesuaian tarif dilakukan untuk menjaga keberlanjutan tol dan mengoptimalkan layanan, serta pemeliharaan infrastruktur jalan.

Namun, belum ada kepastian kapan kenaikan tarif akan diberlakukan karena harus dapat izin dari pemerintah dulu. 

"Penyesuaian tarif ini merupakan strategi kritis untuk menjaga keseimbangan antara pembiayaan operasional, pemeliharaan kualitas jalan tol, dan keberlanjutan investasi di sektor transportasi," kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis (11/1/2024). 

Baca Juga: Perbaikan Jalan di Tol Cikampek Mulai Hari Ini sampai Jumat, Ada Pengalihan Arus hingga Contraflow

"Dengan demikian, penyesuaian tarif jalan tol tidak hanya memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan, tetapi juga berperan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi," tambahnya. 

Menurut Tjahjo, secara kualitas, ruas-ruas tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilakukan penyesuaian tarif. Ia juga berharap pemerintah akan mengizinkan kenaikan tarif 4 ruas tol tersebut. 

"Mengingat penyesuaian tarif itu cukup krusial untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif, sehingga kami berharap dapat terlaksana sesuai target,“ tuturnya. 

Hutama Karya, lanjutnya, juga berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol yang dikelolanya.

Baca Juga: Naik Whoosh Bisa Parkir di Stasiun Kereta Cepat, Tarifnya Rp5.000 untuk 1 Jam Pertama



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x