Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Operasional Akses Km 149 Tol Padaleunyi Diperpanjang, ke Masjid Al Jabbar Jadi Lebih Mudah

Kompas.tv - 24 Desember 2023, 01:05 WIB
operasional-akses-km-149-tol-padaleunyi-diperpanjang-ke-masjid-al-jabbar-jadi-lebih-mudah
Ilustrasi. PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division memperpanjang waktu operasional Akses Km 149 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi). (Sumber: Antara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division memperpanjang waktu operasional Akses Km 149 Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Yaitu menjadi dimulai pukul 06.00 hingga pukul 22.00 WIB, dari sebelumnya pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Akses Tol Km 149 ini diberlakukan khusus untuk pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 non-bus dan non-truk yang menuju Gedebage atau destinasi lain di sekitarnya. 

"Pengoperasian sementara ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan, juga sebagai tambahan alternatif akses menuju destinasi populer di Jawa Barat, seperti Masjid Al Jabbar dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)," tulis Jasa Marga dikutip dari laman resminya, dikutip Sabtu (23/12/2023).

Baca Juga: Jasa Marga Metropolitan Tollroad Buka Sejumlah Tol Fungsional saat Nataru, Ada Tol Pamulang-Cinere

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan. 

Di antaranya memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, mempersiapkan perbekalan, patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan.

Serta, terus meng-update informasi lalu lintas melalui kanal informasi resmi milik Jasa Marga melalui aplikasi Travoy, website www.jasamarga.com atau one call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.


Selain itu, Jasa Marga juga akan mengoperasikan secara fungsional Akses Darangdan. Yaitu mulai 23 Desember 2023 pukul 12.00 WIB sampai dengan 2 Januari 2024 pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Tol Limo Utama Mulai Beroperasi, Depok-Bandara Soetta CUma 15-20 Menit!

Akses Darangdan dibuka fungsional untuk kendaraan golongan 1 non-bus dan non-truk di Km 99A (akses keluar) dan Km 99B (akses masuk) di Ruas Tol Cipularang, akses ini akan beroperasi selama 24 jam.

Pengoperasian fungsional ini sesuai persetujuan Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR dalam rangka pelayanan selama arus mudik dan balik libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

"Diharapkan akses Darangdan di Km 99 Ruas Tol Cipularang ini dapat menjadi tambahan alternatif bagi pengguna jalan yang menuju atau dari arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat," kata pihak Jasa Marga. 

"Sehingga dapat memperluas distribusi lalu lintas dan dapat berdampak pada pengurangan kepadatan di akses keluar utama," tambah Jasa Marga. 

Baca Juga: Jasa Marga Beri Diskon 10%, Ini Rincian Tarif Tol Jakarta - Semarang pada Periode Nataru

Setelah dioperasikan secara fungsional, nantinya akan kembali dilakukan evaluasi untuk memastikan kesiapan akses sebelum dioperasikan secara penuh untuk melayani pengguna jalan sesuai persetujuan Kementerian PUPR.

Pengguna jalan diimbau untuk memperbaharui informasi lalu lintas di jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga melalui aplikasi Travoy, website www.jasamarga.com atau one call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

 

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x