Kompas TV regional jabodetabek

Jasa Marga Metropolitan Tollroad Buka Sejumlah Tol Fungsional saat Nataru, Ada Tol Pamulang-Cinere

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 16:14 WIB
jasa-marga-metropolitan-tollroad-buka-sejumlah-tol-fungsional-saat-nataru-ada-tol-pamulang-cinere
Jasa Marga Metropolitan Tollroad menyiapkan sejumlah ruas tol untuk dibuka secara fungsional guna melayani masyarakat selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Sumber: Jasa Marga )
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jasa Marga Metropolitan Tollroad menyiapkan sejumlah ruas tol untuk dibuka secara fungsional guna melayani masyarakat selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan ada 4 ruas tol fungsional yang dibuka tanpa tarif alias gratis. 

Mulai dari Tol Ruas Tol Serpong-Cinere Seksi II (Pamulang-Cinere) yang sudah dibuka sejak hari ini, Jumat (22/12/2023) pada pukul 00.00 WIB, sampai akses Tol Km 149 Ruas Tol Padaleunyi, Jawa Barat. 

Ruas Tol Fungsional Jasa Marga yang Dibuka untuk Nataru

1. Ruas Tol Serpong-Cinere Seksi II (Pamulang-Cinere)

Pengoperasian tanpa tarif ruas tol Serpong - Cinere Seksi II pada segmen Pamulang - Cinere sudah diberlakukan mulai 22 Desember 2023 pukul 00:00 WIB. 

Pengoperasian segmen ini menjadikan Jakarta Outer Ring Road II Wilayah Barat (Ruas Tol Cinere-Jagorawi, Cinere - Serpong, Kunciran - Serpong, dan Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran) tersambung secara utuh. 

Baca Juga: Damri Buka Pool Baru di Cawang Jaktim, Layani Rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang

Pengoperasian ruas tol ini dapat menjadi alternatif baru bagi pengguna jalan yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) yang telah terhubung dengan Ruas Tol Jagorawi.

2. Ruas Tol Japek II Selatan Seksi III (Sadang-Kutanegara)

Pengoperasian fungsional Ruas Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan seksi III atau segmen Sadang-Kutanegara secara situasional untuk mengantisipasi kepadatan arus balik di ruas tol Cipularang. 

Jalur fungsional ini akan dioperasikan menyesuaikan kondisi lalu lintas atas diskresi kepolisian.

3. Akses Tol Darangdan Km 99 A & B Ruas Tol Cipularang

Akses Darangdan Km 99A (akses keluar) dan Km 99B (akses masuk) Jalan Tol Cipularang direncanakan akan dioperasikan secara fungsional untuk arah Jakarta maupun untuk arah Bandung khusus kendaraan golongan 1 non bus dan non truk. 

Akses tersebut berfungsi untuk mendistribusikan lalu lintas arus mudik atau balik, terutama yang menuju dan dari arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat, yang berpotensi mengalami peningkatan pada periode libur Nataru 2023/2024. 

Baca Juga: Jasa Marga Beri Diskon 10%, Ini Rincian Tarif Tol Jakarta - Semarang pada Periode Nataru

Dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini, diharapkan menambah pilihan akses keluar dan masuk pengguna jalan dan mengurai kepadatan di jalur arteri selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

4. Akses Tol Km 149 Ruas Tol Padaleunyi 

Akses Tol Km 149 ini diberlakukan khusus untuk pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 non bus dan non truk yang menuju Gedebage atau destinasi lain di sekitarnya. 

Pengoperasian sementara ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan, juga sebagai tambahan alternatif akses menuju destinasi populer di Jawa Barat, seperti Masjid Al-Jabbar dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Mulai 23 Desember 2023, waktu pengoperasian akses Km 149 diperpanjang menjadi dimulai pukul 06:00 hingga pukul 22:00 WIB, dari sebelumnya pukul 07.00 sampai pukul 17:00 WIB. 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x