Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Dibuka Gratis sampai 3 Januari 2024, Ini Jadwal Operasional Tol Jogja-Solo

Kompas.tv - 24 Desember 2023, 05:05 WIB
dibuka-gratis-sampai-3-januari-2024-ini-jadwal-operasional-tol-jogja-solo
Ilustrasi jalan tol. PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) membuka Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) secara fungsiobal pada Jumat (22/12/2023). Jalur fungsional jalan tol ini yang dibuka adalah mulai dari Kartasura s.d Karanganom sepanjang 13 km. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) membuka Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) secara fungsiobal pada Jumat (22/12/2023). Jalur fungsional jalan tol ini yang dibuka adalah mulai dari Kartasura hingga Karanganom sepanjang 13 kilometer (km).

Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat mengatakan, pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024).

Ia menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai dengan Karanganom) akan dioperasikan dalam dua periode. Yakni pada periode arus mudik 22-31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024.

“Pada periode tersebut, kami akan membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai Karanganom) pada jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.," kata Suchandra dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (23/12). 

Baca Juga: Jelang Puncak Nataru, Jumlah Kendaraan Masuk ke Kawasan Puncak Meningkat 40 Persen!

Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non-bus dan non-truk, tidak diperuntukkan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 km/jam. 

Berbeda dari pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri lalu yang hanya dibuka dari Kartasura (Akses Gerbang Tol/GT Colomadu) sampai dengan Jl Sawit sepanjang 6 km, pada periode Nataru kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang. Yakni dari akses GT Colomadu & on/off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 km. 

“Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten,” jelasnya. 

Baca Juga: Hari Ini Puncak Libur Natal Pakai Kereta, KAI Catat 183.120 Orang Naik KA Jarak Jauh dan Lokal

Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura-Karanganom) hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik. 

Adapun akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional akan melalui on/off Banyudono yang berjarak sekitar 700 meter dari GT Colomadu.

Berikut teknis operasional jalur fungsional Tol Jogja-Solo:

Periode 22-31 Desember 2023 pukul 06.00-17.00 WIB:

1. Jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta. 

2. Untuk pengguna jalan yang menuju Klaten dan/atau Yogyakarta, dapat mengakses jalur fungsional melalui Flyover Ngasem di STA 0+600 hingga GT Karanganom untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Yogyakarta. 





Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x