Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Ruas Tol Kartasura-Karanganom Dibuka Sementara 22 Desember

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 09:02 WIB
libur-natal-2023-dan-tahun-baru-2024-ruas-tol-kartasura-karanganom-dibuka-sementara-22-desember
Kondisi Ruas Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan dibuka sementara pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2023. (Sumber: KOMPAS.com/Hilda B Alexander)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ruas Tol Kartasura-Karanganom yang merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo akan dibuka sementara pada 22 Desember 2023.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) memutuskan untuk mengoperasikan sementara tanpa tarif ruas tol ini guna mendukung pelayanan selama arus libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Direktur Utama PT JMM Suchandra P Hutabarat menuturkan, pengoperasian jalur fungsional ini akan dibuka pada periode arus mudik 22 Desember 2023 hingga 31 Desember 2023.

Selain itu, Ruas Kartasura-Karanganom juga akan difungsikan saat arus balik periode 1 Januari-3 Januari 2024. 

Nantinya, jalur fungsional Kartasura-Karanganom hanya akan dioperasikan satu arah pada periode arus mudik maupun pada arus balik dari pukul 06.00-17.00 WIB.

Sebagai informasi, karakteristik jalur Ruas Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km ini sudah konstruksi rigid pavement, hanya ada beberapa titik yang masih lean concrete.

"Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda empat Golongan I non-bus dan non-truk, tidak diperuntukan bagi kendaraan-kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 kilometer per jam," kata Suchandra dikutip dari Kompas.com, Rabu (20/12/2023). 

Suchandra juga mengatakan, Ruas Kartasura-Karanganom ini sudah terkoneksi dengan Tol Trans-Jawa Ruas Solo-Ngawi. Namun untuk koneksi dengan Tol Solo-Bawen masih sedang dalam tahap konstruksi. 

Pengendara dari Tol Solo-Ngawi yang menuju Yogyakarta bisa memasuki ruas Kartasura-Karanganom melalui akses Gerbang Tol (GT) Colomadu untuk periode mudik tanggal 22-31 Desember 2023. 

Sementara dari jalan nasional, para pengendara menuju Surabaya/Semarang atau Yogyakarta dapat menggunakan GT Banyudono. 

Baca Juga: Ada Diskon Tarif Tol Trans-Jawa Sebesar 10 Persen selama 3 Hari, Ini Tanggalnya

Berbeda dengan sebelumnya, arah Yogyakarta sekarang bisa diakses langsung melalui ruas ini tanpa belok kiri ke jalan nasional Solo-Semarang menuju Tugu Kartasura.

Kemudian pada periode arus balik 1-3 Januari 2024, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari Karanganom-Kartasura. 

Meskipun satu arah, JMM telah mengantisipasi lonjakan arus kendaraan yang diperkirakan tiga kali lipat lebih banyak daripada arus mudik dan balik Idul Fitri 2023, mencapai 15.000 kendaraan.

Langkah antisipatif melibatkan persiapan sarana dan prasarana tambahan, termasuk SPBU Portable, Mobile Customer Service (MCS), CCTV, derek gratis, ambulans, rescue, dan Patroli Jalan Raya (PJR). 

Selain itu, Pos Pantau Siaga disiapkan sebagai tempat parkir darurat untuk kendaraan yang mengalami kendala, dilengkapi dengan toilet portabel dan stok BBM kemasan.

PT JMM juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan, seperti batas kecepatan, penunjuk arah, dan batas jalan.

"Dengan rute jalur fungsional ini, pengguna jalan dapat menghindari kepadatan yang kerap terjadi di Tugu Kartasura sekaligus memperpendek perjalanan dari akses/Gerbang Tol Colomadu menuju Klaten," ujarnya. 

Demi keamanan, Suchandra pun memastikan bahwa selama arus liburan akhir tahun ini tidak ada lagi pekerjaan konstruksi fisik, baik dengan mobilisasi alat berat maupun pekerja. 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x