Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Tol Japek II Ruas Sadang-Kutanegara Difungsikan untuk Nataru, Ini Titik Masuk dan Keluarnya

Kompas.tv - 19 Desember 2023, 08:30 WIB
tol-japek-ii-ruas-sadang-kutanegara-difungsikan-untuk-nataru-ini-titik-masuk-dan-keluarnya
Jasa Marga akan membuka Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) 2 Selatan Segmen Sadang - Sukabungah secara situasional selama periode Nataru. Pembukaan ruas tol itu juga dilakukan sesuai diskresi pihak kepolisian. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jasa Marga akan membuka Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) 2 Selatan segmen Sadang - Kutanegara secara situasional selama periode Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Pembukaan ruas tol itu juga dilakukan sesuai diskresi pihak kepolisian.

Hal itu diungkapkan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Tol Japek 2 Selatan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (18/2/2023). 

Ruas Sadang-Kutanegara merupakan bagian dari Tol Japek II Selatan Seksi 3 Sukabungah-Sadang dengan panjang total 30,6 kilometer. Kemudian, ada Seksi 2 Setu-Sukabungah sepanjang 22,1 kilometer dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer.

"Hal yang perlu menjadi catatan adalah Jalan Tol Japek 2 Selatan ini dibuka secara situasional untuk periode arus balik Natal dan Tahun Baru, karena akses masuknya ada di Sadang, Jalan Tol Cipularang dari arah Bandung menuju Jakarta," kata Lisye seperti dikutip dari Antara

Ia menjelaskan, pihaknya menyiapkan ruas fungsional di Japek 2 selatan ini sepanjang 8,5 km mulai dari akses Sadang sampai dengan gerbang tol Kutanegara.

Baca Juga: Dua Bulan Operasional Kereta Cepat Whoosh: Layani 1.869 Perjalanan, Ketetapatan Waktu Capai 99,9%

Nantinya pengguna jalan tol bisa masuk dari akses Sadang di Jalan Tol Cipularang dan keluar di Gerbang Tol Kutanegara.

Kemudian masuk ke jalan nasional Industri, lalu nanti bisa masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta - Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur atau Gerbang Tol Karawang Barat menuju ke Jakarta.

"Dengan demikian, nanti jalan tol ini disiapkan secara situasional saat arus balik Natal dan Tahun Baru," ujarnya. 

Dibukanya jalan tol ini secara situasional juga nanti dengan mempertimbangkan kondisi apabila terjadi kepadatan Jalan Tol Cipularang, lalu sampai Gerbang Tol Kalihurip Utama (Kalitama), atau bahkan jika terjadi kepadatan di Jalan Tol Jakarta - Cikampek baik dari arah Palimanan maupun arah Cikampek.

Baca Juga: Tol Serpong-Cinere Dibuka Fungsional saat Nataru, Cimanggis-Bandara Soetta hanya 20 Menit

Dari situ polisi juga melakukan evaluasi bersama-sama dengan Jasa Marga. Dilihat juga situasi di Jalan Industri apakah masih sanggup menampung kendaraan yang keluar dari Gerbang Kutanegara Tol Japek 2 Selatan.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x