Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jumlah Penerima Bansos Bantuan Pangan Resmi Ditingkatkan Tahun Depan, Simak Siapa Saja yang Dapat!

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 15:00 WIB
jumlah-penerima-bansos-bantuan-pangan-resmi-ditingkatkan-tahun-depan-simak-siapa-saja-yang-dapat
Ilustrasi Aplikasi Cek Bansos (Sumber: Youtube Kemensos.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah mengumumkan peningkatan jumlah penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk tahun 2024 sebagai respons terhadap kondisi ekonomi saat ini dan dampak fenomena El Nino.

Tahun depan terjadi kenaikan penerima bansos sekitar 8 persen, dari 21,3 juta keluarga menjadi sekitar 22 juta keluarga.

Langkah ini dipandang penting oleh Presiden Joko Widodo untuk mengatasi kenaikan harga bahan pokok akibat penurunan produksi yang disebabkan oleh El Nino.

Baca Juga: Pencairan BLT El Nino Rp400 Ribu Diumumkan Kemensos, Simak Cara Cek dan Tips Manfaatkan Bantuan!

"Program bantuan ini akan dilanjutkan tahun depan dengan terus dilakukan update data penerima," tutur Jokowi dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/12/2023).

Penerima BPNT akan mendapatkan bantuan sebesar Rp400 ribu, yang ditransfer langsung ke rekening penerima atau diambil di kantor pos. Total bantuan yang diterima di tahun 2023 adalah Rp2,4 juta.

Proses pencairan dilakukan dengan sistem rapel, yaitu Rp400 ribu untuk dua bulan melalui bank Himbara dan Rp600 ribu setiap tiga bulan sekali di kantor pos. Bantuan ini bertujuan untuk pembelian kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan minyak goreng.

Baca Juga: Penyaluran Bantuan ke Gaza Terkendala Serangan Israel yang Tak Ada Hentinya

"Untuk tahun depan ada penambahan sekitar 8 persen dari penerima sekarang agar ibu dan bapak yang terdampak semuanya tidak terlalu dibebani oleh kenaikan harga yang ada," terang Jokowi.

Program BPNT tahun 2024 ini diharapkan memberikan dukungan penting bagi masyarakat Indonesia dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok.


 

Dengan adanya peningkatan jumlah penerima, diharapkan kebutuhan dasar pangan dapat terpenuhi secara merata di seluruh negeri, membantu masyarakat yang terdampak.

Baca Juga: Update Bantuan PIP Kemdikbud Penyaluran BRI, BNI, dan BSI: Simak Penerimanya di pip.kemdikbud.go.id

Syarat dan Cara Mengecek Penerima Bansos

Untuk memenuhi syarat sebagai penerima BPNT, individu harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial dan memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Untuk mengecek penerima bansos, ikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id melalui browser di HP atau komputer.
  2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan/atau Nomor Kartu Keluarga (KK) pada kolom yang disediakan.
  3. Tentukan wilayah penerima, mulai dari provinsi hingga desa atau kelurahan.
  4. Isi jawaban captcha atau kode verifikasi.
  5. Klik ‘Cek Data’ untuk melihat status penerimaan bansos.

Baca Juga: Program PIP Kemdikbud Berikan Bantuan Pendidikan untuk Siswa dari SD hingga SMK, Simak Cara Ceknya!

Informasi yang ditampilkan akan mencakup status kepesertaan dalam program bansos, jenis bantuan yang diterima, dan jadwal pencairan jika ada.

Diharapkan, melalui program ini, kebutuhan dasar pangan masyarakat dapat terpenuhi, membantu mengurangi beban ekonomi yang dihadapi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x