Kompas TV nasional humaniora

Pencairan BLT El Nino Rp400 Ribu Diumumkan Kemensos, Simak Cara Cek dan Tips Manfaatkan Bantuan!

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 10:38 WIB
pencairan-blt-el-nino-rp400-ribu-diumumkan-kemensos-simak-cara-cek-dan-tips-manfaatkan-bantuan
Ilustrasi. Kemensos menargetkan pencairan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino senilai Rp400 ribu akan selesai hingga akhir Desember 2023. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena dampak El Nino.

Kemensos menargetkan pencairan Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino senilai Rp400 ribu akan selesai hingga akhir Desember 2023.

Tujuan dari BLT El Nino adalah untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak langsung dari El Nino.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), El Nino merupakan kondisi anomali suhu permukaan laut yang menyebabkan perairan Indonesia yang biasanya hangat (warm pool) menjadi lebih dingin dari normalnya.

Akibatnya, daerah pertumbuhan awan bergeser dari wilayah Indonesia ke wilayah Samudra Pasifik bagian tengah sehingga menyebabkan berkurangnya curah hujan di Indonesia.

Baca Juga: Penerima Bansos Bantuan Pangan Naik Tahun Depan, Simak Cara Cek Penerima 2024 di Situs Kemensos

Kemensos dalam unggahannya di media sosial menyatakan BLT El Nino mulai dicairkan sejak 15 Desember 2023.

Setiap penerima nantinya akan menerima Rp200 ribu per bulan untuk November dan Desember, dicairkan sekaligus menjadi Rp400 ribu.

Penyaluran dana ini dilakukan melalui transfer Bank Himbara atau bisa juga diambil secara tunai di kantor Pos Indonesia.

Penerima BLT El Nino adalah mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x