Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Di Depan Petani Pekalongan, Jokowi Janji Tambah Subsidi Pupuk

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 17:54 WIB
di-depan-petani-pekalongan-jokowi-janji-tambah-subsidi-pupuk
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan tambahan subsidi pupuk untuk mendorong produktivitas para petani. Hal ini ia sampaikan pada acara Pembinaan Petani, Penyuluh Pertanian, dan Babinsa se-Provinsi Jawa Tengah, di Alun-alun Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah akan memberikan tambahan subsidi pupuk untuk mendorong produktivitas para petani.

Hal ini ia sampaikan pada acara Pembinaan Petani, Penyuluh Pertanian, dan Babinsa se-Provinsi Jawa Tengah, di Alun-alun Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

“Pak Mentan tadi sudah menyanggupi, pupuk 2023 akhir dan 2024 awal, beliau akan kontrol terus agar tidak ada masalah di lapangan. Subsidi pupuknya akan saya tambah, karena suplai pupuknya juga ada,” kata Jokowi dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden. 

Adapun untuk besaran tambahan subsidi tersebut, pemerintah akan menghitung angka tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga: MenPANRB Lapor Jokowi soal CASN 2024, Sebut Kebutuhan Fresh Graduate Cukup Besar

“Pak Mentan ngitung dulu, memang prosedurnya seperti itu, minta persetujuan dari DPR RI, baru Menteri Keuangan bisa menambah [anggaran]. Tapi saya janji pupuk akan ditambah subsidinya,” ujarnya.

Jokowi juga menyebut pemerintah akan mempermudah pembelian pupuk untuk para pengecer atau agen resmi pupuk bersubsidi.

“Saya sudah menyetujui, untuk pembelian pupuk asal di KTP-nya itu ada tulisan petani silakan itu dipakai. Jadi bisa pakai Kartu Tani bisa memakai juga KTP. Tapi jangan sampai KTP-nya nanti di sini tertulis pengusaha, beli pupuk. Hati-hati. Atau di sini tulisannya ASN, cari pupuk. Juga enggak bisa,” jelasnya. 

Baca Juga: Motor Listrik Hingga Album K-pop di Lelang Barang Gratifikasi yang Disita KPK



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x