Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Kapan Bantuan BPNT Tahap 6 Dicairkan? Cek di cekbansos.kemensos.go.id, Dapat Rp400 Ribu!

Kompas.tv - 29 November 2023, 13:05 WIB
kapan-bantuan-bpnt-tahap-6-dicairkan-cek-di-cekbansos-kemensos-go-id-dapat-rp400-ribu
Ilustrasi uang. (Sumber: Istimewa/Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) Tahap Keenam mulai digulirkan oleh pemerintah sebagai bentuk dukungan terhadap masyarakat miskin dan rentan.

Pada tahap keenam ini, bantuan yang dialokasikan untuk bulan November hingga Desember 2023 mencapai total Rp400 ribu per penerima.

BPNT dirancang khusus untuk membantu penerima dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka, seperti beras, telur, minyak goreng, dan susu.

Baca Juga: Cara Cek Pencairan dan Penerima Bansos PKH 2023, Lansia Dapat Rp2,4 Juta per Tahun!

Pemerintah menghimbau agar dana bantuan digunakan secara bijaksana, menghindari penggunaan untuk kegiatan yang tidak mendukung kesejahteraan keluarga, seperti judi, rokok, atau minuman keras.

Program BPNT ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat miskin dan rentan, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan dasar.

Nantinya penerima yang merupakan penyandang disabilitas atau warga lansia, bansos akan diantarkan langsung ke rumah oleh kurir PT Pos Indonesia. Langkah ini diambil untuk memudahkan akses bagi mereka yang memiliki keterbatasan mobilitas.

Baca Juga: Info Pencairan Bansos BPNT Tahap 6, Penerima Langsung Dapat Rp400 Ribu Sekali Transfer

Cara Cek Penerima BPNT Rp400 Ribu via HP

Untuk memeriksa status penerimaan BPNT, masyarakat bisa melakukan verifikasi melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Situs tersebut bisa dibuka menggunakan HP atau komputer.

Selain itu pemerintah juga menyediakan aplikasi Cek Bansos yang tersedia di Play Store. Di dalam aplikasi tersebut, prosedur yang diberikan memudahkan penerima dalam mengecek status bantuan mereka.

Baca Juga: Rincian Daftar Siswa Penerima Bantuan PIP Kemdikbud SD, SMP, SMA 2023 Cek di pip.kemdikbud.go.id!

Status penyaluran dapat dilihat dalam aplikasi, termasuk indikasi apakah pencairan sedang dalam proses di Bank Himbara/PT Pos Indonesia, siap diambil di ATM, atau di kantor pos terdekat.

Penyaluran BPNT tahap keenam ini merupakan langkah penting dari Pemerintah Indonesia dalam upaya menyediakan dukungan konkret bagi masyarakat yang membutuhkan.

Program ini tidak hanya membantu pemenuhan kebutuhan pokok, tetapi juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang menantang.

Baca Juga: Rincian Daftar Siswa Penerima Bantuan PIP Kemdikbud SD, SMP, SMA 2023 Cek di pip.kemdikbud.go.id!


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x