Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Hasil Kunjungan Jokowi ke AS: Cisco hingga Microsoft Mau Kembangkan IKN jadi Smart City

Kompas.tv - 21 November 2023, 05:30 WIB
hasil-kunjungan-jokowi-ke-as-cisco-hingga-microsoft-mau-kembangkan-ikn-jadi-smart-city
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bekerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi yang berbasis di Silicon Valley. Mulai dari Cisco, Autodesk, ESRI, hingga Microsoft untuk menjadikan IKN sebagai smart city. (Sumber: Ikn.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pekan lalu Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri KTT APEC dan sejumlah agenda penting lainnya.

Salah satu capaian yang dihasilkan dari kunjungan Jokowi itu adalah kerja sama antara Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dengan sejumlah perusahaan teknologi yang berbasis di Silicon Valley. Mulai dari Cisco, Autodesk, ESRI, hingga Microsoft. 

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, rencana kolaborasi yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut diperlukan untuk menjadikan IKN sebagai kota pintar atau smart city

“Salah satu transformasinya adalah membangun ibu kota baru yang harus kita bayangkan di 2045 sebagai sebuah keberlanjutan. Kita harus melompat jadi kota cerdas. Hampir semua kota besar di dunia sudah menerapkan konsep smart city ,” kata Bambang dalam keterangan resminya, dikutip dari laman resmi OIKN, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Soal Investasi di IKN, Jokowi: Kita Dahulukan Investor Dalam Negeri

Ia berharap, dengan menggandeng Microsoft dan raksasa-raksasa teknologi lain, bisa segera menjadikan IKN sebagai smart city yang mampu menjawab kebutuhan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan.

“Salah satu contoh adalah e-governance di pemerintahan di Ibu Kota Nusantara harus bisa berjalan secara efektif melalui sistem digital sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan kualitas hidup warganya," ujarnya. 

Dikutip dari laman resmi OIKN, berikut adalah peran perusahaan teknologi AS dalam pembangunan IKN:

1. Cisco

Cisco adalah perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi perangkat jaringan, telekomunikasi, dan penyediaan layanan solusi teknologi. 

Cisco akan berpartisipasi dalam instalasi perangkat kota cerdas seperti pengembangan jaringan teknologi sensor dan Internet of Things (IoT) bagi pengumpulan, pengiriman dan pemanfaatan data dan informasi di lapangan.

Baca Juga: Belum Ada Investor Asing Masuk di IKN, Begini Analisis Pengamat

Pengembangan sarana dan prasarana teknologi jaringan konektivitas ini akan bermanfaat bagi berbagai solusi teknologi cerdas seperti pengelolaan air dan energi, manajemen transportasi, bangunan pintar, dan pengelolaan kota. 

Kerja sama dengan Cisco bisa menjadikan gedung-gedung di IKN nanti punya sistem digital dari sisi pengolahan data dan keamanan terpadu. 

2. Autodesk



Sumber : Laman resmi IKN


BERITA LAINNYA



Close Ads x