Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Belum Ada Investor Asing Masuk di IKN, Begini Analisis Pengamat

Kompas.tv - 18 November 2023, 14:07 WIB
belum-ada-investor-asing-masuk-di-ikn-begini-analisis-pengamat
Rencana tata kota Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (Sumber: Dok Kementerian PUPR)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan bahwa belum ada investor asing yang masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pernyataannya saat berada di San Francisco, Amerika Serikat, dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/11/2023).

"Sampai saat ini belum ada (investasi asing)," kata Jokowi

"Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk," ucapnya.

Menurut Jokowi, sektor yang menjadi prioritas utama untuk investasi asing di IKN adalah pendidikan, kesehatan, dan teknologi.

Lantas, mengapa hingga saat ini belum ada investor asing yang masuk ke IKN?

Investor Masih Ragu

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan, belum adanya investor asing yang masuk ke IKN karena mereka masih ragu terkait rencana pembangunan.

"Investor akan masuk ke sebuah proyek kalau hitung-hitungannya jelas," kata Bhima dikutip dari Kompas.com, Sabtu (18/11/2023). 

"Mereka kan pasti membuat uji kelayakan dulu dan kalau rencananya masih banyak meragukan, ya mereka akan menunda dulu masuk ke IKN," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi: Mungkin IKN Baru Selesai 15 atau 20 Tahun yang akan Datang



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x