Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi: Mungkin IKN Baru Selesai 15 atau 20 Tahun yang akan Datang

Kompas.tv - 16 November 2023, 16:00 WIB
jokowi-mungkin-ikn-baru-selesai-15-atau-20-tahun-yang-akan-datang
Foto arsip Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Terkait Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jokowi menyebut kemungkinan pembangunannya yang berlokasi di Kalimantan Timur itu baru akan selesai pada 15 sampai 20 mendatang.  (Sumber: AP Photo)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut kemungkinan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur baru akan rampung pada 15 hingga 20 tahun yang akan datang.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Jokowi ketika menyampaikan kuliah umum di Stanford University, San Francisco, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (15/11/2023) waktu setempat.

Awalnya, Jokowi menjelaskan perkembangan pembangunan IKN yang berbasis hutan kota. Ia menyebut kawasan IKN nantinya sebanyak 70 persen wilayahnya merupakan area hijau atau hutan.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Chairman ExxonMobil di San Francisco, Bahas Investasi 15 Miliar Dollar AS

Energi yang dipakai di IKN tersebut, kata dia, nantinya akan menggunakan energi matahari dan hydro.  

Jokowi menuturkan saat akan membangun IKN Nusantara, yang pertama kali dibangun adalah nursery center dan botanical center yang memiliki kapasitas 15 juta bibit pohon per tahunnya. Bibit pohon itu akan ditanam di IKN dan Pulau Kalimantan.

Menurutnya, pembangunan berbasis hutan kota tersebut merupakan ruang pamer atau showcase dari transformasi Indonesia.

"Inilah showcase transformasi Indonesia,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (16/11).

Jokowi kemudian menyampaikan rencananya yang akan merayakan hari kemerdekaan RI di IKN Nusantara pada tahun depan atau 2024 meskipun pembangunannya belum rampung.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Presiden Amerika Serikat Bela Keadilan dan Kemanusiaan Rakyat Palestina

Alasannya, kata mantan Wali Kota Solo itu, untuk menunjukkan bahwa Indonesia kini telah memiliki ibu kota baru.  




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x