Kompas TV ekonomi energi

Siap-Siap Bunda Terima Rice Cooker Gratis! Dibagikan Bertahap, Menteri ESDM Sebut Mulai Tahun Ini

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 19:22 WIB
siap-siap-bunda-terima-rice-cooker-gratis-dibagikan-bertahap-menteri-esdm-sebut-mulai-tahun-ini
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam konferensi pers tentang harga bahan bakar minyak di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

NUSA DUA, KOMPAS.TV- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, rice cooker gratis dari pemerintah akan dibagikan secara bertahap kepada 500.000 rumah tangga. Arifin menyebut rice cooker akan dibagikan paket per paket kepada penerima yang berhak.

Untuk paket pertama, diperkirakan akan selesai dibagian akhir tahun 2023 ini. Hal itu ia sampaikan di sela-sela pertemuan Indonesia Mining Summit 2023 di Nusa Dua, Bali, Selasa (10/10/2023).

“(Penyaluran alat memasak listrik) ya jalan. Lagi dipetakan pembagiannya paket (per) paket,” kata Arifin. 

“Ya kita akan selesaikan (tahun ini), ini kan ada paket per paket. Nah paket tahun ini diselesaikan tahun ini,” tambahnya, dikutip dari Antara

Arifin mengatakan, semakin banyak warga yang menggunakan rice cooker akan berdampak pada pengurangan emisi karbon.

Baca Juga: Sejumlah Produsen Tertarik Ikut Lelang 500.000 Rice Cooker yang akan Digelar Pemerintah

“Kemudian nanti kebutuhan listriknya bisa pakai energi terbarukan, untuk penggunaan listrik di rumah tangga itu memang menjadi salah satu program kita juga,” ujarnya.

Mengutip pemberitaan Kompas.tv sebelumnya, sejumlah produsen rice cooker mengaku tertarik mengikuti lelang yang akan diadakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), terkait program pembagian rice cooker untuk 500.000 rumah tangga. Lelang akan diagakan karena payung hukum program tersebut sudah terbit.

Yaitu Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga. Sebagai turunannya juga telah diterbitkan pula Petunjuk Teknis Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 548.K/TL.04/DJL.3/2023.

Rice cooker yang akan dibagikan ke warga yang berhak nantinya akan dibeli pemerintah dari pihak swasta, lewat lelang pengadaan produk tersebut melalui e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan/Jasa Pemerintah (LKPP).

Adapun National Sales Senior General Manager Sharp Electronics Indonesia Andry Adi Utomo mengatakan, pihaknya berminat mengikuti lelang pengadaan rice cooker tersebut. Sharp Indonesia juga akan mengikuti syarat dan ketentuan dalam lelang. Tapi Andry belum mendapatkan informasi terkait pelaksanaan lelang.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Rp347,5 M untuk Bagi-Bagi Rice Cooker ke Setengah Juta Keluarga, Ini Kriterianya

“Kami juga masih menunggu persyaratannya,” ucap Andry, Senin (9/10).

Di sisi lain, ia mengakui jika rice cooker dari Sharp seluruhnya masih diimpor, sehingga belum ada nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada komponennya. Namun tak menutup kemungkinan Sharp akan memproduksi rice cooker seluruhnya di Indonesia.



Sumber : Antara, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x