Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Link Bansos yang Cair Oktober 2023: PKH, BPNT, BLT Dana Desa, Yatim Piatu, hingga PIP Kemdikbud

Kompas.tv - 28 September 2023, 16:00 WIB
link-bansos-yang-cair-oktober-2023-pkh-bpnt-blt-dana-desa-yatim-piatu-hingga-pip-kemdikbud
Simak cara daftar bansos dan cara cek nama penerima bantuan sosial tunai dengan login cekbansos.kemensos.go.id (Sumber: Website dtks.kemensos.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Oktober 2023 sudah di depan mata. Sejumlah program bantuan sosial (bansos) akan yang telah memasuki tahap pencairan pada Oktober 2023 segera dicairkan oleh pemerintah.

Bansos yang dicairkan akan membantu keluarga-keluarga di Indonesia yang membutuhkan. Setidaknya terdapat lima bansos yang akan dicairkan mulai Oktober 2023 mendatang.

Pencairan termasuk dari Bansos Program Keluarga Harapan yang sudah berada di Tahap 4, Bansos BPNT atau sembako, hingga Program Indonesia Pintar dari Kemdikbud.

Besaran bansos bermacam-macam tiap tipenya. Pastikan nama Anda muncul di cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui status penerimaan bansos. Berikut lima bansos yang akan dicairkan pada Oktober 2023 mendatang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Cara Cek Penerima dan Jadwal Pencairan Bansos PKH Tahap 2023 di cekbansos.kemensos.go.id via Ponsel

Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 4

PKH, atau Program Keluarga Harapan, akan memberikan bantuan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada tahap 4 ini. Bantuan ini dibagi berdasarkan kategori kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan:

Untuk kategori kesehatan, BLT PKH akan diberikan kepada ibu hamil dan anak balita dengan nominal hingga Rp3 juta per tahun.

Untuk pendidikan, anak SD akan menerima Rp900 ribu per tahun, anak SMP Rp1,5 juta per tahun, dan anak SMA Rp2 juta per tahun.

Bagi keluarga dengan anggota yang berusia di atas 60 tahun dan penyandang disabilitas, mereka dapat menerima Rp2,4 juta per tahun.

Anda dapat memeriksa apakah Anda adalah penerima PKH 2023 dengan menggunakan nama KTP melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Link Cek Penerima Bansos Kemensos Tahap 3 September 2023 di cekbansos.kemensos.go.id via HP

BLT BPNT (Bansos Sembako) Tahap 5-6

Program BLT BPNT akan melakukan pencairan pada bulan September hingga Oktober 2023. Penerima BLT BPNT akan menerima uang tunai sebesar Rp200 ribu per bulan, atau total Rp2,4 juta per tahun.

Pencairan ini dapat dilakukan melalui ATM dengan pencairan sebesar Rp400 ribu pada periode September-Oktober 2023.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x