Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Minta LRT Diteruskan ke Bogor, Jokowi: Sekarang Penuh Terus

Kompas.tv - 27 September 2023, 12:52 WIB
minta-lrt-diteruskan-ke-bogor-jokowi-sekarang-penuh-terus
Presiden Joko Widodo meresmikan moda transportasi kereta api ringan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) di Stasiun LRT Cawang, Jakarta pada Senin, 28 Agustus 2023. meminta agar kajian perluasan LRT hingga ke Bogor segera dimulai. (Sumber: presidenri.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kajian perluasan LRT hingga ke Bogor segera dimulai. Pasalnya, minat masyarakat menggunakan LRT terbukti tinggi. Terlihat dari LRT Jabodebek yang sekarang selalu penuh penumpang. Hal ini disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

“Saya minta juga segera distudi pembangunan LRT hingga ke Kota Bogor, karena kalau kita lihat LRT yang sekarang sudah penuh terus. Dan juga pembangunan jalur LRT Kelapa Gading menuju Manggarai, agar cakupan dan jangkauan transportasi massal ini semakin luas,” kata Jokowi seperti dilaporkan Tim Liputan Kompas TV.

Pembangunan LRT di Jabodebek sebelumnya diatur dalam Perpres 98 tahun 2015 tentang pembangunan LRT Jabodebek. Beleid itu menyebutkan LRT kan dibangun di 6 lintas pelayanan. Yakni:

Baca Juga: Jokowi Keluarkan 5 Instruksi terkait Transportasi Publik, Ada soal Diskon Harga Tiket dan LRT Bogor

1. lintas pelayanan Cawang - Cibubur

2. lintas pelayanan Kuningan - Dukuh Atas

3. lintas pelayanan Cawang - Bekasi Timur

4. lintas pelayanan Dukuh Atas - Palmerah - Senayan

5. lintas pelayanan Cibubur - Bogor

6. lintas pelayanan Palmerah - Grogol

Sehingga, LRT yang saat ini baru sampai Harjamukti, Depok, akan diteruskan sampai Bogor. Lalu dari Dukuh Atas ke daerah Senayan dan Grogol. Sebelumnya Jokowi juga pernah menyebut LRT akan diteruskan dari Bekasi hingga Karawang.

Sedangkan untuk wilayah Tangerang, pemerintah sedang merencanakan pembangunan MRT hingga ke Balaraja. Menurut Jokowi, Pembangunan LRT saat ini adalah baru tahap pertama.

"Jadi ini kan baru tahap pertama, mestinya enggak hanya sampai di Cibubur tapi sampai di Bogor. Kemudian yang arah Bekasi juga sama, juga mungkin yang ke arah Depok, Tangerang,  semuanya. ini memang baru tahap pertama," ujar Jokowi usai mengikuti uji coba LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2023).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x