Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Spesifikasi dan Tampilan KA Ekonomi New Generation Jayabaya, Toiletnya Bikin Betah

Kompas.tv - 22 September 2023, 17:06 WIB
spesifikasi-dan-tampilan-ka-ekonomi-new-generation-jayabaya-toiletnya-bikin-betah
Tampilan gerbong dan kursi Kereta Ekonomi New Generation. (Sumber: Dok. KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Operator layanan kereta api di Indonesia, PT KAI, akhirnya mengoperasikan Kereta Api (KA) Ekonomi New Generation. Kereta modifikasi ini dirangkaikan pada KA Jayabaya dan melayani rute Pasar Senen-Malang mulai 26 September 2023. 

Saat ini, KA Jayabaya terdiri dari kelas eksekutif dan kelas ekonomi. Dengan menjadi KA New Generation, interior kelas ekonomi Jayabaya jadi mirip dengan kelas eksekutif. Lantaran perubahan tampilan kursi, desain gerbong, dan toilet yang menjadi lebih cerah dan mewah. 

Tampilan gerbong Kereta Ekonomi New Generation. (Sumber: Dok. KAI)

Modifikasi paling signifikan tentu saja ada di bagian kursi penumpang. Seperti diketahui, kursi kereta kelas ekonomi yang lama memiliki sandaran kursi yang tegak 90 derajat, sehingga membuat punggung penumpang pegal-pegal. Apalagi jika menempuh perjalanan jauh seperti Jakarta-Malang. 

Baca Juga: KA Ekonomi Jayabaya dengan Kursi Premium Mulai Beroperasi 26 September 2023, Rute Pasar Senen-Malang

Lalu, kursi kereta ekonomi yang lama juga berhadapan dengan kursi penumpang lain dan jaraknya berdekatan. Sehingga tak jarang penumpang kereta ekonomi harus "beradu dengkul" dengan penumpang lainnya.  

Interior Kereta Ekonomi New Generation. (Sumber: KAI)

Pada KA Ekonomi New Generation, kursi yang berwarna biru ini bisa disandarkan atau di-reclining, sehingga akan jadi lebih nyaman untuk penumpang. 

Bentuk kursinya adalah jenis captain coat, yang dibuat untuk menampung satu orang penumpang, seperti kursi bus eksekutif. Lalu di tengahnya ada sandaran tangan yang juga berfungsi sebagai pemisah dengan kursi penumpang lainnya. 

Tampilan keterangan waktu dan suhu di gerbong Kereta Ekonomi New Generation. (Sumber: Dok. KAI)

Baca Juga: Harga Tiket KA Ekonomi Jayabaya Kursi Premium, Mulai dari Rp320 Ribu

Berbeda dengan kursi kelas ekonomi yang lama, yang dibuat memanjang atau long coat tanpa adanya sandaran tangan. 

Di bagian atas kursi juga dibentuk mengerucut yang berfungsi sebagai penyangga leher dan kepala penumpang. Sehingga saat kursi direbahkan, akan sangat nyaman bagi penumpang bisa tidur. 

Keunggulan lainnya yaitu kursinya diputar (revolving) seperti kursi pada kereta eksekutif. Jika penumpang pergi bersama teman-teman atau keluarga, fitur ini akan membuat mereka bisa duduk secara berhadapan. 



Sumber : Kompas TV, PT KAI


BERITA LAINNYA



Close Ads x