Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

PUPR Sebut Istana - Kantor Kemenko di IKN Kelar Agustus 2024, Komisi II: Gedung DPR Belum Tersentuh

Kompas.tv - 13 September 2023, 11:46 WIB
pupr-sebut-istana-kantor-kemenko-di-ikn-kelar-agustus-2024-komisi-ii-gedung-dpr-belum-tersentuh
Maket IKN Nusantara. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) menyatakan, pembangunan istana presiden dan gedung pemerintahan di Ibukota Nusantara (IKN) ditargetkan selesai sebelum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia 2024. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) menyatakan, pembangunan istana presiden dan gedung pemerintahan di Ibukota Nusantara (IKN) ditargetkan selesai sebelum Hari Ulang Tahun ke-79  Republik Indonesia pada tahun 2024.

“Saat ini progres pembangunan Istana presiden RI dan gedung-gedung pemerintahan untuk batch satu sudah mencapai 46 persen lebih,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: Alasan Pemerintah Yakin Tiongkok dan Korea Selatan Akan Investasi di IKN

Selain Istana Negara, empat kantor kementerian koordinator diperkirakan juga bisa selesai sebelum 17 Agustus 2024. Yakni Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian, Kemenko Maritim dan Investasi, dan Kemenko PMK,

Zainal memaparkan, hingga 17 Agustus 2023, realisasi pembangunan gedung Istana Negara dan lapangan upacara pada Kawasan Istana kepresidenan di Ibu kota Negara mencapai 22,135 persen.

“Realisasi pembangunan gedung kantor Presiden sebesar 27, 525 persen, penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) tahap II mencapai 92,250 persen,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: IKN bakal Punya Terowongan Bawah Laut seperti di Busan, Mulai Dibangun setelah 2024

Selanjutnya pembangunan gedung dan kawasan kantor kementerian koordinator satu 12,78 persen, kementerian koordinator tiga 10,429 persen dan Kementerian koordinator empat 15,135 persen.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengharapkan Otorita IKN Nusantara bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar sesegera mungkin menuntaskan hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur di IKN.

Ia menyoroti kantor kementerian selain kantor Kemenko, kemudian Gedung DPR, belum ada Pembangunan sama sekali.

Baca Juga: Kantor Mahfud, Luhut, Airlangga, dan Muhadjir di IKN Mulai Bisa Dipakai Agustus 2024

“Kami sudah melakukan kunjungan kerja ke IKN, Panja (Komisi II) untuk melihat secara nyata bagaimana kondisi objektif infrastruktur yang sedang dibangun itu. Memang ada beberapa hal yang sudah disiapkan dalam proses pembangunan itu. Namun saya lihat berkaitan dengan kantor kementerian agaknya belum dilakukan pembangunannya,” terang Guspardi dikutip dari laman resmi DPR.


 

“Termasuk kantor DPR pun kami dipandu oleh tim kami yang ada di sana menjelaskan bahwa lokasi Gedung DPR  masih belum tersentuh oleh pembangunan,” tambahnya.

Baca Juga: MenPANRB Sebut Jika Pilpres 2 Putaran, akan Ada 2 Hari Libur Tambahan di 2024

Oleh karena itu, Guspardi mendorong pemerintah mempercepat pembangunan kantor pemerintahan di IKN, jika Presiden Jokowi benar-benar ingin mengadakan Upacara Peringatan HUT RI 17 Agustus 2024 di Nusantara.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah ingin agar pada saat 17 Agustus 2024 mendatang peringatan HUT ke-79 RI dilaksanakan di halaman Istana Kepresidenan yang berada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Oleh karenanya, Jokowi menekankan agar pada Agustus 2024 mendatang IKN sudah bisa menjadi sebuah kota modern yang hidup.

"Yang jelas di bulan Agustus 2024, kita ingin IKN telah menjadi kota modern yang hidup. Dan kita Upacara HUT kemerdekaan Indonesia ke-79 itu di halaman istana (kepresidenan) IKN," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada acara jajak pasar IKN yang digelar di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022) silam.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x