Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hari Ini, KCIC Matangkan Persiapan Termasuk KA Feeder

Kompas.tv - 13 September 2023, 07:18 WIB
jokowi-uji-coba-kereta-cepat-jakarta-bandung-hari-ini-kcic-matangkan-persiapan-termasuk-ka-feeder
Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan uji coba terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung hari ini, Rabu (13/9/2023). (Sumber: Dok. BKIP Kemenhub)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan uji coba terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung hari ini, Rabu (13/9/2023). 

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya sudah mematangkan persiapan operasional kereta cepat. Yakni dengan melakukan penyempurnaan di berbagai fasilitas KA cepat, mulai dari stasiun hingga aksesibilitas dan integrasi moda transportasi.

"Uji coba KA cepat terus berjalan sesuai jadwal dan rencana untuk memastikan segala aspek operasional berjalan dengan baik dan lancar. Kami juga melakukan penyempurnaan-penyempurnaan pekerjaan agar tidak ada kendala yang muncul saat operasi nanti," kata Dwiyana dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/9). 

"Kemudahan calon penumpang adalah prioritas, karena itu dengan koordinasi dan kolaborasi bersama banyak pihak kami coba hadirkan berbagai kemudahan bagi masyarakat untuk menjangkau layanan KA cepat," tambahnya. 

Baca Juga: 4 Kereta Jarak Jauh Bersubsidi yang Cocok untuk Backpacker, ke Banyuwangi cuma Rp94.000

Pada Selasa kemarin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengikuti uji coba KA cepat. 

Keduanya mencoba KA cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang dengan waktu perjalanan 30 menit.

Mereka juga mencoba KA feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung, yang memakan waktu 17 menit.

"Integrasi antarmoda dalam moda transportasi publik merupakan suatu hal yang penting. BUMN siap hadir dan mendukung integrasi antarmoda untuk mendukung kemudahan masyarakat," ujar Kartika. 

Baca Juga: BP Batam Berikan Uang Sewa Rp1,2 Juta per Bulan untuk Hunian Sementara Warga Pulau Rempang

"Dari Jakarta ke Kota Bandung tidak sampai satu jam. Stasiun KA cepat akan terkoneksi dengan KA feeder yang bisa menghubungkan masyarakat untuk menuju Stasiun Bandung dan Cimahi," lanjutnya. 

Sementara itu, Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diresmikan sekaligus beroperasi pada 1 Oktober 2023.

"Tetap sesuai sesuai jadwal. Sedang kami uji coba terus. Keamanan penting," cap Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto kepada wartawan, di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (12/9).


 

Ia menerangkan, sebelum peresmian uji coba terus dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penumpang saat menggunakan kereta cepat. 

Baca Juga: Jokowi Tinjau Pabrik Petrokimia Milik Lotte: Saya Senang, Produknya akan Jadi Substitusi Impor

Novie juga memastikan proses sertifikasi atau izin operasional sebelum mengangkut penumpang berjalan dengan baik.

"Sertifikasi, uji coba semua berjalan mulus," sebutnya. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x