Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Tinjau Pabrik Petrokimia Milik Lotte: Saya Senang, Produknya akan Jadi Substitusi Impor

Kompas.tv - 13 September 2023, 00:20 WIB
jokowi-tinjau-pabrik-petrokimia-milik-lotte-saya-senang-produknya-akan-jadi-substitusi-impor
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan area industri PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Selasa (12/9/2023). Jokowi mengaku senang dengan kemajuan proyek tersebut, yang mayoritas hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

CILEGON, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan area industri PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) di Kota Cilegon, Provinsi Banten, Selasa (12/9/2023).

Jokowi mengaku senang dengan kemajuan proyek tersebut, yang mayoritas hasil produksinya untuk kebutuhan dalam negeri. Sehingga Indonesia bisa mengurangi ketergantungan impor petrokimia.

“Proyek ini sudah dimulai tahun 2020 dan akan selesai nanti di 2025. Progresnya sudah sangat bagus, sudah selesai 73 persen dan menyangkut investasi yang sangat besar kira-kira Rp60-an triliun, USD3,9 billion, Rp60 triliun,” kata Jokowi, Selasa, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Jokowi menyampaikan, setelah selesai pembangunan, pabrik tersebut akan menghasilkan banyak produk. Dia menyebut produk-produk tersebut juga akan digunakan untuk substitusi impor dan untuk ekspor.

Pabrik tersebut akan menghasilkan mulai dari ethylene, polypropylene, benzene, dan 17 produk lainnya.

Baca Juga: Sebut Kerusuhan di Pulau Rempang akibat Komunikasi yang Kurang Baik, Jokowi: Sudah Ada Kesepakatan

"Yang saya senang ini akan menjadi substitusi impor, 70 persen untuk lokal, dan 30 persen untuk ekspor,” ujar Jokowi.

"Dua-duanya baik. Karena yang di dalam negeri untuk substitusi dari barang-barang impor yang kita lakukan selama ini. Semuanya baik. Saya kira industri-industri seperti ini yang kita butuhkan,” tambahnya.

Dipandu oleh Vice President PT LCI Jojok Hardijanto, kunjungan diawali dengan penjelasan terkait progres proyek, lalu tinjauan ke area pengolahan naphta cracker serta penyimpanan produk, dan diakhiri di area jetty PT LCI.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan, pihaknya  akan mengawal proyek ini.

Dia berharap investasi ini juga menciptakan efek domino bagi masyarakat sekitar melalui penyerapan tenaga kerja.



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x