Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Ini Transportasi Umum Menuju Kota Bandung dari Stasiun Kereta Cepat Padalarang

Kompas.tv - 6 September 2023, 05:40 WIB
ini-transportasi-umum-menuju-kota-bandung-dari-stasiun-kereta-cepat-padalarang
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan ada sejumlah moda transportasi yang siap mengantarkan penumpang ke pusat Kota Bandung dan sekitarnya dari Stasiun Kereta Cepat di Padalarang. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebentar lagi akan diresmikan dan beroperasi untuk umum. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan ada sejumlah moda transportasi yang siap mengantarkan penumpang dari stasiun menuju pusat Kota Bandung dan sekitarnya. 

Seperti diketahui, stasiun terakhir KCJB adalah Stasiun Padalarang yang berada di luar Kota Bandung. 

"Selain KA feeder, masyarakat juga bisa memanfaatkan Commuterline Bandung Raya, Trans Metro Pasundan rute Alun-Alun-KBP, Damri rute Alun-Alun Bandung-Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta rute usulan St Padalarang–Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan rute Padalarang-Rajamandala, Padalarang-Cimahi–Leuwipanjang, dan Padalarang-Cimahi," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/9/2023). 

Baca Juga: PT KAI Beri Diskon Tiket Kereta 20 Persen untuk Penumpang dengan Disabilitas

Ia menyampaikan, integrasi antarmoda ini bisa terwujud berkat dukungan dari Kemenko Marves, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, pemerintah daerah, dan para operator angkutan umum.

"Dengan kolaborasi ini, diharapkan stasiun-stasiun KA Cepat bisa dengan mudah diakses dan dijangkau oleh masyarakat," ujar Eva. 

Ia menyebutkan, khusus KA feeder atau KA pengumpan di Stasiun Padalarang, keberadaannya akan membantu meningkatkan konektivitas dan pergerakan penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Stasiun KA Cepat Padalarang terkoneksi langsung dengan Stasiun KA Padalarang sehingga memudahkan penumpang untuk berpindah moda.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Lulusan SMA Bisa Daftar

Penyediaan KA feeder ini merupakan hasil kolaborasi bersama KAI dalam rangka peningkatan konektivitas serta layanan transportasi yang seamless dan nyaman bagi penumpang KA Cepat.

Di Stasiun Padalarang, akan tersedia KA feeder yang akan berhenti di Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung.

"Adapun perjalanan dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung akan memakan waktu sekitar 20 menit," kata Eva. 

"Jika ditambah perjalanan KA Cepat Halim-Padalarang selama 30 menit, maka total perjalanan dari Stasiun KA Cepat Halim menuju Stasiun Bandung adalah 50 menit," imbuhnya. 

Baca Juga: Menhub Sebut Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Dilakukan hingga Dinyatakan Siap Beroperasi



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x