Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pesan Jokowi ke Presiden Selanjutnya: Jangan Hentikan Hilirisasi, Rugi Besar Kita

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 13:07 WIB
pesan-jokowi-ke-presiden-selanjutnya-jangan-hentikan-hilirisasi-rugi-besar-kita
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2023, Kamis (31/8/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV/Isnaya)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pesan kepada presiden selanjutnya untuk tetap melanjutkan kebijakan hilirisasi industri yang sedang dijalankan pemerintah saat ini.

Kepala Negara menegaskan, Indonesia tidak boleh mundur meski kebijakan hilirisasi mendapat tentangan dari Uni Eropa di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Pesan itu disampaikan Jokowi  pada Pembukaan Rapat Kerja Nasional XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2023, Kamis (31/8/2023) pagi tadi.

"Ini harus menjadi kesadaran kita semuanya karena sudah 400 tahun kita ekspor bahan mentah sejak FOC, jangan diteruskan. Meski ditekan Uni Eropa, WTO, dan IMF,  jangan mundur dan jangan berhenti," kata Jokowi.

"Dan nanti akan saya pesan juga pada presiden berikut yang akan datang, jangan sampai menghentikan namanya hilirisasi, karena rugi besar kita," tegas pria yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo itu.

Ia pun menjelaskan, berdasarkan perhitungan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, hilirisasi akan memberikan pendapatan perkapita Indonesia mencapai 10.900 dolar AS pada 10 tahun yang akan datang.

Baca Juga: Sebut Sebagai Senior HIPMI, Jokowi: Kalau Mengarahkan, Cawe-Cawe Tidak Apa-apa

Sementara dalam waktu 15 tahun kedepan, pendapatan per kapita Indonesia bisa mencapai 15.800 dolar AS.

"Dan di Indonesia emas pada 2045, akan muncul angka kurang lebih 25.000 dolar AS income perkapita kita," ungkap Jokowi.

"Inilah tujuan atau goals kita, idak hanya visi besar, tapi kita harus memiliki visi taktis ya ini, ini visi taktis yang harus kita kerjakan bersama-sama," sambungnya.


Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menegaskan bahwa ke depannya hilirisasi bukan hanya untuk yang besar-besar saja seperti nikel, tambang, dan tembaga.

Melainkan, lanjut dia, hilirisasi juga dilakukan untuk produk Usaha mikro kecil menengah atau UMKM.

"Barang-barang seperti kopi tidak hanya di Banten, tapi di seluruh Indonesia kita memiliki kopi-kopi yang sangat baik, robusta dan arabika ada semua. Jangan sekali-sekali kita lanjutkan mengekspor dalam bentuk biji mentahan, jangan", tegas Jokowi.

Untuk diketahui, Hilirisasi bertujuan tidak hanya menambah pendapatan negara, tetapi juga membuka kesempatan kerja lebih luas.

Baca Juga: Guyon Jokowi di Rakernas HIPMI: Jangan-jangan Jadi Himpunan Para Menteri Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x