Kompas TV nasional peristiwa

Guyon Jokowi di Rakernas HIPMI: Jangan-jangan Jadi Himpunan Para Menteri Indonesia

Kompas.tv - 31 Agustus 2023, 11:24 WIB
guyon-jokowi-di-rakernas-hipmi-jangan-jangan-jadi-himpunan-para-menteri-indonesia
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di pembukaan Rapat Kerja Nasional XVIII HIPMI 2023, Kamis (31/8/2023).  (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti banyaknya alumni Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang masuk dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Mereka yang dimaksud yakni, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani.

Tak hanya para menteri tersebut, Jokowi menyebut bahwa dirinya juga merupakan alumni HIPMI.

"Alumni Hipmi banyak yang masuk kabinet, ada pak Sandi, pak Erick, pak Bahlil, pak Rosan, ada Pak Tito juga, dan juga ada Presiden," kata Jokowi dalam sambutannya di pembukaan Rapat Kerja Nasional XVIII HIPMI 2023, Kamis (31/8/2023). 

"Jangan dilupakan saya ini adalah HIPMI tapi HIPMI daerah. HIPMI kampung memang, belum masuk ke HIPMI pusat, HIPMI daerah, tapi sekali lagi presiden tetap HIPMI," ujarnya.

Baca Juga: Kala Jokowi Dapat Tepuk Tangan Riuh saat Singgung Cawe-Cawe di Rakernas Hipmi

Dengan banyaknya alumni HIPMI yang mengisi posisi di Kabinet Indonesia Maju, Jokowi kemudian berkelakar bahwa kepanjangan HIPMI sudah berganti menjadi Himpunan Para Menteri Indonesia.

"Saya jadi mikir-mikir, kalau HIPMI sudah menjadi himpunan para menteri Indonesia. Karena dari Hipmi menterinya terlalu banyak," ujarnya.

Kelakar Jokowi ini kemudian disambut tawa para hadirin yang hadir dalam acara tersebut.

Kendati demikian, Jokowi tak mempermasalahkan banyaknya kader Hipmi di kabinet. Selama ada ruang, Jokowi memberikan kesempatan kepada kaum muda untuk berkontribusi.


"Tetapi enggak apa. Kalau masih punya kesempatan, Bung Akbar (Ketua Umum BPP Hipmi, Akbar Himawan Buchari), saya masukan dari Hipmi lagi, tetapi ndak lah," ujarnya.

"Bung Akbar ngantri untuk tahun depan masih bisa saya rasa, meskipun presidennya bukan saya, tetapi Bung Akbar masuk sudah," kata Jokowi.

Baca Juga: Komentar Gibran Usai Posting Prabowo Ganjar Salam Komando di Depan Jokowi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x