Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Kunjungi Afrika, Pengusaha Indonesia dan Mozambik Jalin Kerja Sama

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 22:16 WIB
jokowi-kunjungi-afrika-pengusaha-indonesia-dan-mozambik-jalin-kerja-sama
Penyerahan cenderamata dari KADIN Indonesia kepada KADIN Mozambik pada Business Forum, 23 Agustus 2023, di Maputo, Mozambique. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

MAPUTO, KOMPAS.TV- Ratusan pengusaha Mozambik dan Indonesia sepakat memajukan perdagangan kedua negara.

Pertemuan bisnis ini bertepatan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke kantor Presiden Mozambik Filipe Nyusi.

Bersamaan dengan kunjungan Jokowi, digelar acara Indonesia Mozambique Business Forum di Hotel Polana Serena, Maputo, Mozambik, 23 Agustus lalu.

Acara ini diselenggarakan berkat kerja sama BRI Maputo, Indonesia Mozambique Business Council dan Chamber of Commerce Mozambique (CCM).

Dalam forum tersebut, diumumkan beberapa deliverables business yang dicapai.

Deliverable business yang tercapai itu di antaranya adalah MoU antara Kadin Indonesia dengan Kadin Mozambik, dua perjanjian PT. Energi Mega Persada-Buzi Hydrocarbons dengan Pertamina International EP dan dengan Vutomy, Pertamina International Shipping dengan ENH Mozambique, dan MoU Biofarma - Kambeny.

Acara itu juga diisi seminar perdagangan yang menyinggung partisipasi 10 perusahaan Indonesia pada pameran FACIM di Maputo, 28 Agustus - 3 September 2023 dan penjaringan buyers untuk ke Trade Expo Indonesia, Oktober 2023.

Baca Juga: Resmikan SPAM di Binjai, Jokowi: 4 Hari di Afrika, Saya Merasakan Begitu Pentingnya Air

Wakil Ketua KADIN Indonesia untuk Hubungan Internasional, Bernardino Vega menyebut potensi investasi dan perdagangan antara Indonesia dan Mozambik sangat besar.

Mozambik adalah negara Afrika pertama yang memiliki preferential trade agreement (PTA) dengan Indonesia.

Sementara itu, perwakilan EMP-Buzi Hydrocarbons Pte.Ltd, Iman Soerjasantosa menyebut proyek akan memberikan manfaat tidak hanya bagi perusahaan Buzi Hydrocarbons PTE LTD.

"Tetapi juga bagi masyarakat dan negara Mozambik karena memiliki multiplier effect dan memperkuat hubungan antara negara-negara di  Benua Asia dan Benua Afrika, khususnya Indonesia dan Mozambik," kata Iman dalam rilis yang diterima Kompas TV, Selasa (29/8).

Dubes RI untuk Mozambik, Herry Sudrajat menyebut forum bisnis ini dilaksankan memanfaatkan momentum kunjungan Jokowi.

"Dengan business forum ini menjadi pendorong penguatan PTA RI-Mozambik dan peningkatan investasi outbound Indonesia ke Mozambik," kata Herry.

Baca Juga: Ketua DPP PDIP: Hentikan Membenturkan Ibu Mega dengan Pak Jokowi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x