Kompas TV nasional peristiwa

Resmikan SPAM di Binjai, Jokowi: 4 Hari di Afrika, Saya Merasakan Begitu Pentingnya Air

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 13:49 WIB
resmikan-spam-di-binjai-jokowi-4-hari-di-afrika-saya-merasakan-begitu-pentingnya-air
Usai pulang dari lawatan ke Afrika, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Mebidang (SPAM Medan-Binjai-Deli Serdang) di Kota Binjai dan Jembatan Aek Tano Ponggol di Kabupaten Samosir, Jumat (25/8/2023). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

BINJAI, KOMPAS.TV - Usai pulang dari lawatan ke benua Afrika, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Mebidang (SPAM Medan-Binjai-Deli Serdang) di Kota Binjai dan Jembatan Aek Tano Ponggol di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Jumat (25/8/2023).

Jokowi menyatakan infrastruktur terkait air sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

"Air, urusan pagi hari ini adalah urusan air. Saya bisa merasakan begitu pentingnya air setelah kemarin empat hari di Afrika. Kita ini sering tidak merasa betapa pentingnya air, karena kita tidak pernah merasa kekurangan air. Enggak pernah kekurangan air, jadi enggak pernah merasa betapa pentingnya itu air," kata Jokowi, Jumat, dipantau dari Breaking News KOMPAS TV

Baca Juga: Jokowi di KTT BRICS: Kita Semua Melihat Tatanan Ekonomi Dunia Saat Ini Sangat Tidak Adil

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Medan-Binjai-Deli Serdang menelan anggaran Rp948 miliar.

Proyek tersebut merupakan kerja sama pemerintah pusat dan provinsi dan kota/kabupaten di mana lahan yang digunakan milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 

"Kerja sama yang seperti ini kalau kerja samanya baik, pembangunan juga akan berjalan dengan cepat. Dan, ini memiliki kapasitas 1.100 liter per detik, ini juga sangat besar sekali," ujar Jokowi. 

Baca Juga: Menteri Energi se-ASEAN Kumpul di Bali, Bahas Dana Transisi Energi hingga Trans-ASEAN Gas Pipeline

Ia pun meminta kepada gubernur, bupati, dan wali kota terkait agar menindaklanjuti sambungan-sambungan ke rumah tangga. Menurutnya, ada 88.000 rumah tangga yang akan mendapat pasokan air dari SPAM Medan-Binjai-Deli Serdang.

"Kalau di-jiwa-kan bisa 440.000 jiwa, sangat besar sekali," ucap Jokowi. 

Kemudian ia juga menjelaskan, Jembatan Aek Tano Ponggol di Kabupaten Samosir menelan biaya Rp157 miliar. Jembatan itu memiliki panjang bentangan 294 meter dan bentang utamanya 99 meter, dan lebarnya 8 meter.

Baca Juga: Indonesia Belum Pasti jadi Anggota BRICS, Jokowi: Kita Tidak Ingin Tergesa-gesa

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Mebidang (Medan-Binjai-Deli Serdang) di Kota Binjai dan Jembatan Aek Tano Ponggol di Kabupaten Samosir," tutur Jokowi. 

Sebelumnya, Jokowi juga sempat mengunjungi Kota Binjai untuk menyapa sekaligus memberikan bantuan kepada para pedagang di Pasar Brahrang.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x