Kompas TV ekonomi perbankan

BI Luncurkan QRIS TUNTAS Hari Ini, Bisa untuk Tarik-Setor Tunai dan Transfer

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 15:09 WIB
bi-luncurkan-qris-tuntas-hari-ini-bisa-untuk-tarik-setor-tunai-dan-transfer
Bank Indonesia meluncurkan standar nasional bagi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS TUNTAS pada hari ini, Kamis (17/8/2023) di Jakarta. (Sumber: BI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Indonesia atau BI meluncurkan standar nasional bagi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS TUNTAS di Jakarta, hari ini, Kamis (17/8/2023). 

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, fitur QRIS TUNTAS memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan transfer dana antarpengguna QRIS, tarik dan setor tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM)/Cash Deposit Machine (CDM) atau agen QRIS TUNTAS.

"Hal ini yang membedakan dengan fitur QRIS sebelumnya yang bertujuan untuk melakukan pembayaran," kata Perry dalam keterangan resminya. 

Baca Juga: KAI Daop 8 Beri Diskon 20 Persen Tiket Kereta Jarak Jauh di Surabaya Great Expo

Untuk menggunakan fitur QRIS TUNTAS, pengguna dapat memindai QRIS menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Lembaga Selain Bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun uang elektronik server-based

Perry menyampaikan, implementasi QRIS TUNTAS bagi PJP yang telah siap, dilakukan secepat-cepatnya 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023. 

Ia mengatakan peluncuran QRIS TUNTAS yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 RI, menjadi bentuk kontribusi BI bagi negeri. 

Sebelum diluncurkan, QRIS TUNTAS telah melalui berbagai tahapan, termasuk fase uji coba oleh industri dalam Ruang Uji Coba Inovasi Teknologi Sistem Pembayaran Bank Indonesia. 

Baca Juga: Ini Cara Menghubungi Contact Center BRI Tanpa Pulsa lewat Aplikasi BRImo

Peserta uji coba terdiri dari 16 Penyedia Jasa Pembayaran dan Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran yang diharapkan dapat menjadi first mover diikuti dengan PJP lain yang telah siap untuk mengembangkan fitur ini. 

“QRIS TUNTAS bertujuan untuk mendorong inklusi melalui perluasan akses pembayaran digital kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat kecil, dengan jangkauan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah pelosok atau wilayah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T)," tutur Perry. 

Peluncuran QRIS TUNTAS juga dibarengi dengan dimulainya uji coba interkoneksi pembayaran antara Indonesia dan Singapura menggunakan QR Code.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama pembayaran berbasis kode QR antarnegara antara Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore yang telah diinisiasi pada tahun lalu. 

Baca Juga: Rekening Pegawai PT KAI yang Dibekuk Densus 88 Diblokir PPATK, Terungkap Transaksinya Capai Miliaran

Konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia dan Singapura akan dapat memfasilitasi perdagangan antarnegara secara lebih efisien, khususnya bagi UMKM, serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata. 

Perry mengungkap, uji coba ini akan melibatkan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Network for Electronic Transfers – Singapore (NETS), dan perwakilan penyelenggara jasa sistem pembayaran. 

Sehingga, nantinya warga Indonesia yang berbelanja atau makan di restoran di Singapura, cukup membawa ponsel mereka dan membayar memakai QRIS.


 



Sumber : KOMPAS TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x