Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pengumuman! Tarif Tol Jagorawi dan Tol Sedyatmo akan Naik Dalam Waktu Dekat

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 09:43 WIB
pengumuman-tarif-tol-jagorawi-dan-tol-sedyatmo-akan-naik-dalam-waktu-dekat
Jasa Marga lewat anak usahanya Jasa Marga Metropolitan akan menaikkan tarif Tol Jagorawi dan Tol Sedyatmo atau Tol Bandara dalam waktu dekat. (Sumber: Jasa Marga)
Penulis : Dina Karina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jasa Marga lewat anak usahanya Jasa Marga Metropolitan akan menaikkan tarif Tol Jagorawi dan Tol Sedyatmo atau Tol Bandara dalam waktu dekat. Hal itu diumumkan Jasa Marga Metropolitan lewat akun Instagram resminya. 

"Dalam waktu dekat akan diberlakukan penyesuaian tarif pada Ruas Tol Jagorawi dan Ruas Tol Sedyatmo sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 854/KPTS/M/2023 dan No. 855/KPTS/M/2023," tulis akun @jasamargametropolitan, dilihat Selasa (9/8/2023). 

Jasa Marga mengatakan, kenaikan tarif dua ruas tol itu untuk pengembalian investasi hingga peningkatan pelayanan. Namun belum ada info kapan kenaikan itu akan dilaksanakan. 

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi Naik, Berikut Detailnya

"Pemberlakuan tarif baru ini mempertimbangkan keseimbangan antara kemampuan membayar pemakai jalan tol, pengembalian investasi yang kondusif, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan peningkatan pelayananan dari Ruas Tol Jagorawi dan Ruas Tol Sedyatmo," tambah Jasa Marga. 

Pengumuman itu pun mendapat reaksi negatif dari warganet. Mereka menilai investasi dua ruas tol itu sudah lama impas dan tidak ada peningkatan layanan signifikan dari kenaikan tarif tol. 

"Kalau dikatakan untuk meningkatkan pelayanan, 100% omong kosong. Jalan semakin buruk kondisinya tidak pernah diperbaiki. Periksa dulu apakah ada korupsi??," tulis akun @weeleejoeng. 

Baca Juga: Soal Akses Jalan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Jadi, KCIC: Tidak Akan Layani Penumpang Dulu

"Padahal udah balik modal, tinggal maintenance aja, eehhh malah naik," ujar akun @pradipta_aga. 

"Naik teruuusss, rakyat makin tercekik," ucap akun @rendering_indonesia. 

"Tol sdh lama kali bep (break event point) nya, harusnya tarif nya makin turun," kata akun @firdis_r.

"Bukannya tol jagorawi investasinya sdh balik modal... Menurut saya zaman era pemerintahan sekarang tarif ruas tol tiap tahun naik terus... walaupun mampu akhirnya mempengaruhi biaya kenaikan bahan bahan pokok.. mohon berpikir pakai dg hati nurani," tutur akun @rudikabayan.



Sumber : KompasTV


BERITA LAINNYA



Close Ads x